Pertamina Siapkan 43 SPBU Sepanjang Tol Trans Jawa

Rochman Arief

Senin, 29 April 2019 - 12:44

JATIMNET.COM, Jakarta – Pertamina mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM sebesar 15 persen pada bulan Ramadan dan puncak arus mudik Lebaran 2019 dengan menambah pasokan.

“Berdasarkan dara dari Kementerian Perhubungan yang memprediksi ada lonjakan sebesar 23 persen untuk arus mudik. Dari data itu kami menambah pasokan sebanyak 15 persen dari konsumsi rata-rata per harinya,” kata SVP Retail Pertamina, Jumali, Senin 29 April 2019.

Jumali menambahkan, satgas tim Ramadan dan Lebaran akan disiagakan satu bulan penuh jelang Hari Raya Idul Fitri.

BACA JUGA: Pertamina Prediksi BBM Naik Lima Persen Selama Pemilu

Sejalan dengan itu, tantangan setiap tahunnya mengalami kenaikan permintaan. Pada tantangan tahun ini sudah tersambungnya tol Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo sepanjang 920 kilometer. Selain itu, Pertamina juga akan menyiagakan satgas untuk tol Trans Sumatra dengan pelayanan yang sama.

Dari tersambungnya tol tersebut, Pertamina telah memnyiapkan berbagai rencana alternatif untuk memenuhi pasokan BBM. Di antaranya menyediakan SPBU modular, menyediakan BBM kemasan untuk Pertamax dan jemput bola dengan pasukan BBM mobile menggunakan motor.

Sementara itu, Vice Presiden Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan Khusus untuk tol Trans Jawa pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap kesiapan jelang angkutan Lebaran.

BACA JUGA: Pembebasan Lahan Kilang Minyak Tuban Selesai April

Pertamina telah menyediakan 43 SPBU sepanjang tol Trans Jawa yang terbagi 31 unit di Jakarta, delapan unit di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, sedangkan sisanya disebar di Jawa Timur.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pertamina sudah siap melayani kebutuhan energi bagi masyarakat pada momentum nasional seperti Ramadan dan Idul Fitri,” katanya.

Fajriyah juga menjelaskan Pertamina telah menyiagakan dispenser sebanyak 26 unit, motor kemasan 200 unit, kiosk Pertamax 67 titik, dan buffer tank BBM 115 unit. (ant)

Baca Juga

loading...