Negara Bagian di Amerika Serikat Perketat Aturan Anti Aborsi

Dyah Ayu Pitaloka

Rabu, 15 Mei 2019 - 12:57

JATIMNET.COM, Surabaya – Senat negara bagian Alabama mengeluarkan aturan yang melarang nyaris semua bentuk aborsi, kecuali untuk melindungi keselamatan ibu. Empat negara bagian lain telah melegalkan aturan anti aborsi yang ketat.

Aturan dari senat Alabama juga melarang aborsi janin dalam kasus perkosaan, sebagai hasil dari upaya berbagai negara bagian terhadap Pengadilan Tertinggi AS, untuk mempertimbangkan hak konstitusional perempuan atas aborsi.

Setelah disahkan senat, aturan itu kini menunggu tanda tangan Gubernur Kay Ivey, Republikan, yang sebelumnya telah menyatakan akan menyetujuinya, meskipun secara umum menolak keras aborsi, dikutip dari Reuters, Rabu15 Mei 2019.

Aturan ini, akan mulai berlaku enam bulan setelah ditandatangani oleh gubernur, namun pasti akan menghadapi tuntutan hukum dari Serikat Kebebasan Sipil Amerika dan kelompok lain yang telah bersumpah untuk menuntut.

BACA JUGA: Wabah Campak Serang AS, Sebagian Pasien Diminta Vaksin Ulang

Undang-undang untuk membatasi hak aborsi telah diperkenalkan tahun ini di 16 negara bagian, di mana Gubernur Georgia, Kentucky, Ohio dan Missisipi sudah menandatangani undang-undang, dan melarang aborsi jika janin sudah memiliki detak jantung.

Aturan Alabama melangkah lebih jauh, melarang aborsi kapanpun.

Bagi pelaku aborsi akan dituduh melakukan kejahatan besar, dengan ancaman hukum antara 10 hinga 99 tahun penjara, meskipun perempuan pelaku aborsi tidak akan bertanggung jawab secara pidana.

Parlemen Alabama yang dikontrol oleh Republikan, juga mengalahkan amandemen yang diajukan Demokrat, yang membolehkan korban perkosaan dan inses untuk aborsi.

Baca Juga

loading...