Mobil Listrik Taycan Diprediksi Jadi Pesaing Tesla

Nani Mashita

Jumat, 29 Maret 2019 - 21:33

JATIMNET.COM, Surabaya -  Porsche tampaknya serius menggarap Taycan, mobil listrik yang dikenalkan di Frankfurt Motor Show pada tahun 2015. Mobil listrik ini diperkirakan bakal jadi pesaing berat Tesla.  

Taycan sudah menjalani uji coba di dataran bersalju di Swedia, seperti dilansir dari cnet.com, Jumat 29 Maret 2019. Meski masih dalam proses finalisasi, Taycan sudah memiliki beberapa desain final perangkat keras seperti chasis, suspensi, baterai dan drivetrain.
 
Dalam uji coba di sebuah wilayah bersalju di Swedia, sistem manajemen termalnya mampu menjaga baterai dalam suhu optimal untuk rentang maksimum.

BACA JUGA: Tesla Luncurkan Mobil Listrik Model Y Pertengahan Bulan Ini

Ini seiring dengan moto Porshce yang mengedepankan kinerja mobil sebagai komponen penting. "Kami tidak mengubah persyaratan untuk mobil, karena kami bermaksud membuat mobil Porsche," kata Bernd Propfe, direktur lini produk platform Taycan.

Diperkirakan Taycan masih akan menjalani sejumlah uji coba tambahan di trek uji coba perusahaan. Mobil ini bertenaga setara 600 kuda, mampu mencapai kecepatan 0-100 kilometer per jam dalam kurun waktu 3,5 detik.

BACA JUGA: Bobol Sistem, Dua Peretas ini Dihadiahi Tesla Model 3

Porsche juga menjanjikan dengan mengisi daya dalam 20 menit membuat baterai mobil terisi 80 persen dan bisa menjelajah hingga 310 mil. Mengisi daya 4 menit, Taycan mampu menempuh jarak hingga 60 mil, menurut The Drive.

Selain itu, Porsche juga menjanjikan seluruh interiornya menggunakan fitur berteknologi tinggi. Baterai dari mobil akan diletakkan di sepanjang sisi mobil. Porsche juga menegaskan mobil ini sepenuhnya elektrik. Harga satu unit Porsche Taycan diperkirakan dibanderol dengan harga USD 90 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar.

Nama Taycan diumumkan oleh Chief Executive, Oliver Blume, beberapa waktu lalu. Mobil sport listrik empat kursi penumpang itu akan masuk dapur produksi pada 2019 dengan nama proyek Mission E.

Baca Juga

loading...