Tesla Luncurkan Mobil Listrik Model Y Pertengahan Bulan Ini

Nani Mashita
Nani Mashita

Senin, 4 Maret 2019 - 11:48

JATIMNET.COM, Surabaya - Setelah meluncurkan Model 3, CEO Tesla Inc Elon Musk mengumumkan kemunculan Model Y pada 14 Maret 2019 mendatang. Peluncurannya akan dilakukan di sebuah acara di LA Design Studio.

Dalam cuitannya di Twitter, Elon Musk mengatakan mobil listrik Model Y akan hadir dalam desain SUV (Spot Utility Vehicle).  Alhasil, harganya dipastikan lebih mahal ketimbang Model 3 yang baru saja diluncurkan.

The Verge menulis ini adalah desain kelima dari perusahaan yang didirikan sejak 2003 lalu. Model Y akan memiliki 75 persen komponen Model 3. Tapi 10 persen lebih besar dari Model 3 dan harganya 10 persen lebih mahal.

BACA JUGA: Tesla Umumkan Model 3 yang Bisa Dipesan Online

"Model Y, menjadi sebuah SUV, sekitar 10 persen lebih besar dari Model 3, sehingga harganya sekitar 10 persen lebih tinggi & memiliki kisaran yang sedikit lebih sedikit untuk baterai yang sama," kata Musk dalam tweet-nya, Senin 4 Maret 2019.

Model Y tidak akan punya pintu “Falcon Wing” seperti halnya Model X, SUV lain yang dimiliki oleh Tesla. Musk belum mau mengungkap berapa harga maupun spesifikasi mobil listrik ini. Tapi Musk menawarkan adanya test drive  yang memunculkan spekulasi bahwa mobil ini bukan sekedar rencana tapi sudah memiliki prototipe. 

 “Detail spesifikasi dan harga akan diumumkan nanti, demikian pula uji kendaraan Y,” cuitnya. 

Tesla akan membangun Model Y di sebuah Gigafactory di Reno, Nevada dan diharapkan produksi di tahun 2020. Namun, ada rencana lain jika mobil ini akan dibuat di Shanghai Gigafactory, Cina.  Shanghai Gigafactory, yang berbasis di Cina timur, bertujuan untuk memproduksi mobil Model 3 dan Model Y, dengan kapasitas tahunan 250.000 kendaraan.

BACA JUGA: Supercharger Tesla Jangkau Seluruh Wilayah Eropa Tahun Depan  

Tesla hanya menunjukkan satu gambar teaser dari Model Y yaitu mobil dengan siluet hitam-putih sederhana. Mobil ini sudah diceritakan Musk sejak 2015 lalu dan dia sempat mencuit nama ‘Model Y’ sebelum akhirnya tweet itu dihapus.

Pengumuman ini dilakukan tiga hari setelah Musk akhirnya meluncurkan Model 3 yang sudah dinantikan sejak 2015 lalu. Model 3 dijual secara online untuk mengurangi biaya sehingga mobil ini bisa dijual dengan harga USD35 ribu. Penjualan secara daring ini berdampak pada pengurangan showroom dan pekerjanya.

Selain mengumumkan kehadiran Model Y, Musk juga bercuit mengenai kehadiran perdana stasiun pengisian mobil listrik Supercharger  pada Rabu 6 Maret mendatang. Musk tidak mengungkap lokasi stasiun pengisian daya itu.  

Baca Juga

loading...