Lima Tips Agar Tetap Bugar Selama Puasa Ramadan

Hari Istiawan

Reporter

Hari Istiawan

Selasa, 23 April 2019 - 15:37

JATIMNET.COM, Surabaya – Umat Islam sebentar lagi akan menjalani ibadah puasa sebulan penuh di bulan Ramadan. Praktis selama itu pola makan berubah secara drastis.

Mengutip Thehealthsite.com , seorang ahli gizi Charlotte Debeugny merekomendasikan lima hal agar tetap bugar meski sedang berpuasa.

1. Konsumsi makanan berserat dan mengandung protein saat sahur dan buka

Sahur dan berbuka adalah waktu yang diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan selama Ramadan. Sahur menjadi sangat penting karena menjadi makanan terakhir sebelum menghadapi puasa sehari penuh.

Jadi, penting untuk memastikan bahwa makanan yang dimakan ketika sahur mengandung protein seperti telur, keju, yoghurt, kacang-kacangan dan juga mengandung serat yang bisa ditemui dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian. Makanan tersebut bisa membantu agar perut terasa kenyang lebih lama.

2. Hindari makan berlebihan ketika berbukan

Waktu berbuka biasanya dimanfaatkan untuk menyantap apa saja makanan yang terhidang di meja makan. Namun, ada baiknya sebelum menyantap makanan berkalori bisa mendahulukan semangkuk sup sehat atau salad. Makan saat berbuka harus mengandung protein, biji-bijian dan sayuran.

Selama puasa Ramadan, penting untuk menghindari kalori kosong (kalori yang berasal dari lemak padat dan gula tambahan ) dan junk food.

Setidaknya selama puasa kita makan lima porsi buah dan sayuran per hari dan juga memastikan bahwa setiap makanan mengandung protein dan susu yang sehat.

3. Konsumsi almond dan kurma sebagai makanan penutup

Perubahan pola makan dari siang hari ke malam hari juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan seseorang karena mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

Berpuasa kadang membuat orang menginginkan makanan yang tinggi gula dan lemak yang berdampak pada kenaikan berat badan.

Karenanya, Charlotte Debeugny merekomendasikan makan beberapa kurma atau almond yang sangat kaya kalori.

4. Hindari sinar matahari dan jaga agar tetap terhidrasi

Agar tubuh tetap bugar saat berpuasa, disarankan untuk menghindari aktivitas di bawah terik matahari serta menghindari olah raga yang berat.

Makan buah-buahan ketika sahur adalah cara terbaik karena air yang dikandungnya membantu melembabkan tubuh di siang hari. Berhati-hatilah untuk tidak minum terlalu banyak air sekaligus.

Kopi dan teh harus dihindari, karena dapat meningkatkan rasa haus dan dehidrasi. Untuk energi tambahan, cobalah minum jus buah yang diencerkan dengan air.

5. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda

Sebelum memulai puasa, perlu berbicara dengan dokter, terutama untuk manula, penderita diabetes yang minum obat untuk mengendalikan kadar insulin, wanita hamil dan anak-anak pra-remaja.

Mereka yang memiliki masalah kesehatan yang masih ingin puasa Ramadan harus berkonsultasi dengan dokter mereka untuk merencanakan puasa yang disesuaikan dengan kondisi kesehatannya.

Baca Juga

loading...