Lelang Kinerja Antar Wali Kota Malang Raih Government Award

Rochman Arief

Reporter

Rochman Arief

Rabu, 1 Mei 2019 - 20:41

JATIMNET.COM Malang – Inovasi lelang kinerja yang digagas Wali Kota Malang Sutiaji mengawali masa pemerintahannya mengantarnya menerima penghargaan Government Award 2019 untuk kategori inovasi birokrasi.

Penghargaan dari Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo itu diserahkan kepada Wali Kota Malang Sutiaji di Jakarta, Selasa 30 April. Penghargaan itu diberikan bersama 30 kepala daerah lainnya, yang berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan pembangunan di daerah masing-masing.

“Program lelang kinerja bertujuan mengukur secara tepat target-target kinerja yang dibuat setiap organisasi perangkat daerah (OPD),” kata Sutiaji, Rabu 1 Mei 2019.

BACA JUGA: Khofifah Siapkan Skema Penanggulangan Banjir Jatim

Dalam mengukur kinerja OPD yang dipaparkan dalam lelang kinerja, wali kota dan tim penguji mencoba menerapkan pendekatan tematik, holistik dan integratif.

"Harapan kami dengan meraih penghargaan ini, apa yang sudah di dokumentasikan juga bisa dilaksanakan dengan baik. Penghargaan ini harus menjadi cambuk bagi agar apa yang telah ditargetkan dapat tercapai,” tutur Sutiaji.

Saat menerima penghargaan yang diserahkan di Hotel Borobudur Jakarta itu, Sutiaji didampingi Sekda Kota Malang Wasto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Abdul Malik, Kepala BPKAD Sapto P Santoso, Kepala Barenlitbang Erik Setyo Santoso, serta Kahumas Pemkot Malang Muhammad Nurwidianto.

Pelaksanaan government award tahun ini merupakan yang ke-6, sejak digelar tahun 2014. Tahun 2018 lalu kota malang juga menerima government award dalam kategori bidang lingkungan.

BACA JUGA: Kota Malang Catat Inflasi Tertinggi di Jatim

Prestasi yang baru diraih ini, melanjutkan raihan prestasi dengan berbagai inovasi yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang.

Penilaian penghargaan tahun ini memperhatikan keaslian ide, kelembagaan yang menangani inovasi, perangkat aturan yang digunakan untuk menjamin inovasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan..

Sutiaji mengatakan lelang kinerja yang digagas pada awal kepemimpinannya merupakan sesuatu yang baru dan pertama Indonesia dan menjadi percontohan nasional. Bahkan, pada 2020 program lelang kinerja tersebut akan diterapkan secara nasional. (ant)

Baca Juga

loading...