KPU Kota Blitar Bakar 2.084 Surat Suara Rusak

Yosibio

Selasa, 16 April 2019 - 19:08

JATIMNET.COM, Blitar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, melakukan pemusnahan sebanyak 2.084 lembar surat suara rusak, di halaman kantor KPU Kota Blitar, Selasa 16 April 2019 petang.

Ribuan surat suara rusak yang dimusnahkan merupakan hasil penyortiran, dari lima jenis surat suara untuk Pemilu 2019.

Surat dibakar dalam dalam sebuah drum.

"Sesuai instruksi dari KPU pusat, surat suara rusak hasil sortir harus dimusnahkan pada H-1 pelaksanaan pemungutan suara," terang ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono kepada wartawan di sela pemusnahan. 

BACA JUGA: Puluhan Kotak Suara Rusak Telah DIganti

Budiono menambahkan, pemusnahan surat suara sebenarnya bisa dilakukan dengan cara lain, seperti dihancurkan menjadi bubur.

Tetapi, cara itu tidak dilakukan, karena membutuhkan waktu lama. 

"Surat suara yang rusak ini akhirnya kami musnahkan dengan cara dibakar," imbuh pria berkacamata ini.

Proses pembakaran surat suara juga disaksikan oleh Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar dan Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko.

BACA JUGA: Ini Reward dari Unair untuk Mahasiswanya yang Tak Golput

Sementara soal pendistribusian logistik pemilu 2019 untuk Kota Blitar, hingga Selasa petang, sudah tersalurkan ke tiap kelurahan.

Data KPU Kota Blitar menyebutkan, logistik telah dimasukkan ke dalam kotak suara.

Logistik yang dimasukkan ke kotak suara yaitu, surat suara dan alat pemungutan suara, seperti formulir untuk pemungutan suara.

Sedangkan logistik di luar kotak suara, misalnya, gambar daftar caleg tetap, dan salinan daftar pemilih tetap (DPT), juga sudah terkirim ke tiap kelurahan. 

Baca Juga

loading...