Puncak Arus Balik Lebaran 2019

Jalan Tol Trans Jawa Terapkan Satu Jalur Menuju Jakarta

Bruriy Susanto

Sabtu, 8 Juni 2019 - 16:16

JATIMNET.COM, Surabaya – Puncak arus balik Lebaran 2019 diperkirakan berlangsung pada Sabtu, 8 Juni dan Minggu, 9 Juni. Kepadatan kendaraan pemudik menuju Ibu Kota mulai tampak di sejumlah ruas jalan di Pulau Jawa.

Pada perjalanan menuju Jakarta melalui Jalan Tol Trans Jawa misalnya, dilaporkan terjadi iring-iringan panjang kendaraan pemudik.

BACA JUGA: Tol Trans Jawa DIberlakukan Satu Arah Mulai Hari ini

Ardi, seorang pengendara, mengatakan polisi menerapkan sistem one way sejak di Gerbang Tol Kertajati, Majalengka untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan. “Yang menuju Jakarta padat sekali,” kata pengendara tujuan Surabaya itu pada Jatimnet.com, Sabtu siang.

Dari seorang petugas Patroli Jalan Raya, ia mendapat informasi sistem one way menuju Jakarta di Jalan Tol Trans Jawa berlangsung hingga Sabtu tengah malam. “Dia bilang itu instruksi pimpinan,” katanya.

Sementara jalur menuju Jakarta berlaku satu jalur, pengendara yang meninggalkan arah Jakarta dialihkan ke jalur arteri. Dengan penerapan itu, ia memperkirakan jalur arteri di Semarang akan mengalami kemacetan. “Semua pengendara diarahkan ke jalur alteri Semarang," katanya.

BACA JUGA: Puncak Arus Balik di Terminal Purabaya Diprediksi Sabtu Malam

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Ferdy Kastalani membenarkan ada penerapan sistem one way di Jalan Tol Trans Jawa. Pemberlakuan satu jalur itu berlaku untuk kendaraan menuju Jakarta dan sekitarnya. "Sistem satu arah akan diberlakukan hingga arus lalu lintas atau arus balik Lebaran dipantau lancar," katanya, dikutip dari Antara.

Meski kepadatan lalu lintas oleh kendaraan mulai terjadi, ia mengatakan arus balik Lebaran terpantau masih lancar hingga Sabtu siang. Puncak kepadatan diperkirakan berlangsung pada Sabtu malam hingga Minggu.

Baca Juga

loading...