Ini Tempat Tidur Pilot dan Awak Pesawat

Nani Mashita
Nani Mashita

Kamis, 7 Maret 2019 - 23:14

JATIMNET.COM, Surabaya – Dibutuhkan stamina yang kuat untuk mengendalikan pesawat dengan rute antar benua. Menghabiskan waktu belasan jam tidak mengharuskan pilot selalu terjaga. Ada waktu untuk istirahat

Seorang kru maskapai penerbangan membuka rahasia soal tempat tidur seorang pilot  selama penerbangan. Tentu saja pesawat di era modern ini sudah didukung teknologi autopilot, agar pesawat tetap melaju.

Petugas dari perusahaan penerbangan (airline) Qantas, Rob Noonan mengatakan kondisi autopilot bisa digunakan kapan saja. Bahkan bisa mendaratkan pesawat dalam cuaca buruk sekalipun.

“Mayoritas pilot akan memilih menerbangkan pesawat secara langsung,” kata Rob, dikutip dari The Sun, Kamis 7 Maret 2019.

BACA JUGA: Qantas Buka Rute Penerbangan Terpanjang di Dunia

Selama penerbangan jarak jauh, pilot dan pramugari juga diminta untuk tidur selama penerbangan. Ada sejumlah ruang rahasia tempat mereka tidur yang berada di atas kabin pesawat. Lokasinya tersembunyi di langit-langit di atas dek penerbangan. Tempatnya berbeda antara kru pesawat dengan pilot.

Qantas memiliki satu kamar di depan untuk pilot. Adapun awak kabin bisa beristirahat di kamar bagian belakang,yang memiliki dua kamar, dan bisa memuat enam awak kabin. Kamar tidur tersembunyi ini memiliki tangga khusus untuk mencapainya. 

“Tempat istirahat ini terbatas untuk anggota kru yang ditentukan oleh pilot dalam komando yang terlatih dalam prosedur darurat dan mampu dengan cepat menggunakan rute evakuasi,” tulis sebuah papan peringatan.

BACA JUGA: Air Astana Terbang dengan Macan Tutul Salju

Selain terbatas untuk kru, papan peringatan tersebut mewajibkan anggota kru harus dilatih sesuai prosedur evakuasi, dekompresi dan pemadam kebakaran yang disetujui FAA/ EASA. Kru juga dilarang beristirahat selama pesawat lepas landas dan mendarat.

Sama seperti kamar tidur pada umumnya, kamar tidur pilot dan kru dilengkapi dengan kasur, bantal dan selimut serta tirai untuk privasi. Ada juga tombol untuk mengontrol suhu dan pencahayaan di antara ranjang jika satu anggota kru ingin tidur dan satu ingin membaca.

Pilot dan awak kabin tetap diwajibkan mengenakan sabuk pengaman saat istirahat untuk menjaga keselamatan saat terjadi turbulensi.

Baca Juga

loading...