JATIMNET.COM, Surabaya - Memasuki usia 15 tahun, Gmail memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Gmail memperkenalkan opsi untuk menjadwalkan pengiriman pesan agar terkirim pada waktu yang lebih baik.

Terobosan itu berada dalam fitur Smart Compose. "Kami memperkenalkan Smart Compose untuk membantu Anda menyusun email baru dari awal, lebih cepat," tulis  Director of Product Management, G Suite Jacob Bank, dilansir dari google.com, Senin 1 April 2019.

Menurut laporan dari International Data Corporation (IDC), pada tahun 2020 pekerja mobile mencapai hampir tiga perempat (72,3 persen) dari angkatan kerja di Amerika Serikat.

BACA JUGA: Google Luncurkan Layanan Streaming Stadia

Dengan begitu tingginya aktivitas mobile para pekerja, fitur ini diharapkan membantu untuk tak perlu mengulangi mengetik kata yang jadi ciri khas pengguna. Hal ini berkat Artificial Intelegence.

Jadi jika biasanya mengirim email dibuka dengan salam "hei" atau "halo", maka tidak perlu diketik ulang lagi. Fitur ini juga dapat menyarankan baris subyek berdasarkan teks tubuh.

Selain itu, Gmail juga memberikan fitur pengiriman email yang dijadwalkan. Hal ini memungkinkan pengguna mengetik email di malam hari, kemudian memilih jadwal pengiriman. Secara otomatis Gmail akan mengirimkan pesan tersebut sesuai dengan jadwal yang diagendakan.

BACA JUGA: Kawal Pemilu 2019, Google Indonesia Tawarkan Resep Anti Retas 

Sebelumnya, Gmail sudah melakukan pembaruan yang menjadikan email lebih dinamis, interaktif dan dapat ditindaklanjuti seperti menanggapi utas komentar di Google Documents, menjadwalkan rapat, atau mengisi kuesioner-langsung dari dalam pesan itu sendiri. Hal ini menjadikan pengguna tidak perlu meninggalkan kotak masuk email.

Secara teknis pembaruan Gmail ini sudah dimulai pada awal Maret, Google telah mengkonfirmasi bahwa Smart Compose sekarang tersedia di Android di luar Pixel 3. Sedangkan untuk iOS akan segera menyusul. Fitur ini tersedia dalam empat bahasa baru yaitu Prancis, Italia, Portugis, dan Spanyol.