Fosil dilelang di Ebay.

Fosil Bayi T rex Dijual Rp 41 Miliar 

Dyah Ayu Pitaloka

Rabu, 17 April 2019 - 12:51

JATIMNET.COM, Surabaya – Fosil Bayi Tyrannosaurus rex yang diduga hanya satu di dunia, dijual di Ebay, dengan harga USD 2,95 juta atau sekitar Rp 41 miliar.

“Nyaris bisa dipastikan satu-satunya bayi T-Rex di dunia! Dengan panjang tubuh 15 KAKI dan TENGKORAK 21 inci, dan gigi bergerigi! Rex ini adalah pemakan daging yang sangat-sangat berbahaya. Ini sungguh kesempatan LANGKA untuk melihat bayi REX..”, kata tulisan dalam penawaran itu, dilansir dari The Guardian, Selasa 16 April 2019.

Tengkorak diperkirakan berusia 68 juta tahun ini, ditemukan di tahun 2013, di sebuah lahan pribadi di Montana. Fosil kemudian menjadi milik penemunya, seorang pemburu fosil profesional bernama Alan Detrich.

Tahun 2017, Detrich meminjamkan fosil temuannya pada Museum Sejarah Alam Universitas Kansas. Fosil tetap di sana, bahkan hingga Detrich menjualnya di Ebay saat ini.

BACA JUGA: Tandai Umur 100 Tahun Buyut Ini Maju Pileg

Fosil itu dianggap berharga di antara ahli purbakala.

Analisis pada fosilnya diperkirakan mampu menyelesaikan perdebatan besar, di antara paleantologi tentang apakah Tyrannosaurus kecil itu memang seekor bayi, atau seharusnya memiliki klasifikasi tersendiri dari Nanotyrannus.

Penelitian itu terancam gagal dilakukan, jika fosil berakhir menjadi koleksi pribadi.

Komunitas Masyarakat Paleantologi Vertebrata (SVP) mengkritik Detrich dan pihak kampus.

BACA JUGA: Fosil Paus Purba Berkaki Empat Ditemukan di Peru

Mereka menunding ulah Detrich akan menyebabkan spesimen penting tak lagi bisa dijangkau penelitian ilimiah, serta menuduh kampus bekerja sama dalam penjualan, dengan menjadi etalase untuk menjaring pembeli profesional.

Dalam sebuah surat terbuka pekan lalu, anggota SPV menulis, jika akan menjadi hal yang disesalkan jika fosil dipamerkan sebelum dipelajari.

“Tindakan yang menyebabkan fosil menjadi perhatian ratusan ribu pengunjung, berpotensi meningkatkan nilai komersialnya,” tulis mereka. “Museum seharusnya memiliki bujet untuk membeli spesimen yang harganya semakin mahal,”.

Universitas Kansas mengatakan, jika mereka tak mengetahui rencana Detrich untuk melelang fosil.

BACA JUGA: Pohon Tropis Tertinggi di Dunia Ini Bernama Menara

Dalam sebuah pernyataan, direktur musuem Leonard Krishtalka mengatakan, jika fosil telah dipindah dan dikembalikan kepada Detrich, dan mereka telah meminta agar informasi yang berkaitan dengan museum, untuk dihapus dari listing penawaran.

Hingga saat ini, belum terlihat satupun yang mengajukan penawaran, meskipun postingan telah dilihat oleh 100 orang.

Meskipun, museum mana saja yang berencana membeli sesaat untuk dipelajari, dan kemudian dikembalikan lagi akan kecewa. Sebab Detrich telah menyebutkan kebijakan jika barang tak bisa dikembalikan.

Baca Juga

loading...