Dua Pendaki India Tewas di Gunung Kanchenjunga

David Priyasidharta

Kamis, 16 Mei 2019 - 16:19

JATIMNET.COM, Surabaya - Dua pendaki India tewas di atas Camp IV Gunung Kanchenjunga, Kathmandu, Nepal saat turun dari puncak gunung tertinggi ketiga di dunia itu, Rabu 15 Mei 2019 malam.

Seperti dilaporkan Peak Promotion Pvt Ltd, Biplab Baidya (48) dan Kuntal Karar (46) menghembuskan nafas terakhir mereka di atas Camp IV setelah mereka tidak dapat melanjutkan perjalanan turun dari kawasan puncak karena hipotermia dan gangguan salju.

BACA JUGA: Bersih-bersih Everest, 3 Ton Sampah dan 4 Jasad Diturunkan

Menurut sesama pendaki, insiden itu terjadi ketika keduanya dibawa ke Camp IV dari ketinggian 8.400 meter melalui operasi penyelamatan herculean yang dilakukan oleh pemimpin tim Proyek Nirmal 'Nims' Purja bersama dengan anggota lainnya - Mingma David Sherpa dan Gesman Tamang.

“Kemudian, mereka menyerah lantaran hipotermia,” kata Pasang Sherpa, Manajer di Peak Promotion Pvt Ltd mengonfirmasi seperti dilansir dari Himalayan Times.

Ia mengatakan Biplab berhasil mencapai titik puncak sementara Kuntal jatuh sakit dalam perjalanan ke puncak gunung. Mereka adalah bagian dari tim lima anggota pendaki Benggala Barat.

BACA JUGA: Diduga Hipotermia, Pendaki Gunung Sumbing Ditemukan Meninggal

Sementara itu, seorang pendaki dari Chili dikabarkan hilang dari atas Camp IV Gunung Kanchenjunga sejak malam terakhir. Sherpa mengatakan Rodrigo Vivanco dari Chili hilang di atas Camp IV dalam perjalanan turun setelah sebelumnya dilaporkan berhasil mencapai puncak pada Rabu 15 Mei 2019 sore.

Menurutnya, sebuah tim telah berangkat ke Camp IV untuk menginduksi pencarian dan mengevakuasi mayat. "Dua pendaki India dan seorang pendaki gunung Jerman yang juga menderita radang dingin yang serius akan dievakuasi dari kamp tinggi sedini mungkin," katanya.

Baca Juga

loading...