Diplomat Cina Dukung Gugatan Huawei Atas Amerika Serikat

Dyah Ayu Pitaloka
Dyah Ayu Pitaloka

Jumat, 8 Maret 2019 - 18:18

JATIMNET.COM, Surabaya - Diplomat pemerintah Cina Wang Yi mendukung gugatan hukum Huawei melawan Amerika Serikat. Yi menyebut perusahaan Cina harus menggunakan senjata resmi dan tak boleh menjadi domba yang diam.

Dilansir dari Reuters Jumat 8 Maret 2019, Yi berbicara di sebuah konferensi pers dalam pertemuan tahunan parlemen di Cina.

Yi mengatakan jika tindakan yang ditujukan pada orang dan perusahaan tertentu adalah bentuk dari "penindasan politik yang disengaja" dan pemerintah Cina akan menggunakan "segala cara yang dibutuhkan" untuk mengamankan kepentingan mereka.

BACA JUGA: Pabrikan Ponsel Huawei Gugat Amerika Serikat

"Di saat yang sama, kami mendukung perusahaan dan individual yang relevan untuk menggunakan senjata legal untuk menjaga hak dan kepentingan mereka, tidak menjadi domba yang diam," katanya.

Pabrikan telekomunikasi Cina Huawei sebelumnya telah mengajukan gugatan terhadap pemerintahan AS dengan menyebut aturan pembatasan bisnis Huawei di AS adalah inkonstitusional.

Aturan itu diduga dikeluarkan karena Washington melihat Cina sebagai ancaman  atas keamanan dan pertumbuhan ekonomi AS.

BACA JUGA: Kanada Ekstradisi CFO Huawei Meng Wanzhou

Tuntutan itu menjadi riak baru antara Cina dan AS, setelah perseteruan keduanya terkait tarif impor masing-masing dengan nilai jutaan dolar AS sepanjang 2018.

Pada Desember, Kepala Keuangan Huawei Meng Wanzhou ditangkap di Kanada atas permintaan AS dan terancam mengalami ekstradisi.

Baca Juga

loading...