Di Kota Ini, Sekali Potong Rambut Bayar Rp1,7 Juta

Nani Mashita

Selasa, 19 Maret 2019 - 07:40

JATIMNET.COM, Surabaya - Potong rambut merupakan aktivitas rutin bagi semua orang. Namun, di Kota Paris Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk sekali potong rambut. 

Di kota ini, perempuan yang ingin potong rambut harus merogoh duit sekitar USD119,04 atau sekitar Rp1,7 juta lebih. Bandingkan dengan kota Zurich yang cuma USD73,97 (sektiar Rp1 juta) atau di Osaka yang cuma USD53.46 atau sekitar Rp760 ribuan.

Hal ini menjadikan Paris sebagai kota termahal di dunia bersama Singapura dan Hongkong, menurut hasil survei tahunan Economist Intelligence Unit dilansir dari www.bbc.com, Selasa 19 Maret 2019. Ini adalah pertama kalinya tiga kota berbagi posisi teratas dalam sejarah 30 tahun survei tersebut.

BACA JUGA: Ini Pengarah Gaya Jokowi saat Cukur Rambut

Survei ini membandingkan harga di 133 kota secara global. Survei membandingkan biaya barang-barang umum, seperti roti. Lalu melacak apakah harga telah naik atau turun dengan membandingkannya dengan biaya hidup di New York, yang digunakan sebagai patokan.

Penulis laporan Roxana Slavcheva mengatakan Paris telah menjadi salah satu dari sepuluh kota termahal sejak 2003 dan "sangat mahal" untuk ditinggali.

"Kota-kota Eropa cenderung memiliki biaya tertinggi dalam kategori rumah tangga, perawatan pribadi, rekreasi dan hiburan-dengan Paris menjadi wakil yang baik dalam kategori ini-mungkin mencerminkan premi yang lebih besar pada pengeluaran diskresioner," kata Slavcheva.

BACA JUGA: Ini Penyebab Rambut Beruban Sebelum Waktunya

Setelah Singapura, Paris, Hongkong berbagi posisi teratas, disusul Zurich (Swiss), Jenewa (Swiss), Osaka (Jepang), Seoul (Korea Selatan), Copenhagen (Denmark), New York (AS), Tel Aviv (Israel) dan Los Angeles (AS).

Survei juga mengungkap kota-kota paling murah untuk ditinggali. Tapi penyebabnya karena ekonomi dalam negeri mereka karut marut akibat inflasi tinggi dan fluktuasi mata uang serta kondisi politik dalam negeri.

Caracas di Venezuela jadi kota termurah di dunia dengan inflasi mendekati 1.000.000 persen tahun lalu. Harga secangkir kopi hanya Rp 8.800 saja.

Damaskus di Suriah menduduki peringkat kota termurah kedua di dunia. Di posisi ketiga, Tashkent (Uzbekistan), Almaty (Kazakhstan), Bangalore (India), Karachi (Pakistan),  Lagos (Nigeria), Buenos Aires (Argentina),Chennai (India) dan New Delhi (India).

Baca Juga

loading...