Ini Penyebab Rambut Beruban Sebelum Waktunya

Nani Mashita

Senin, 18 Maret 2019 - 22:40

JATIMNET.COM, Surabaya - Rambut hitam berkilau adalah dambaan tiap orang. Aneka upaya dilakukan agar rambut bisa terlihat indah. Tapi ternyata ada beberapa orang yang beruban lebih cepat dari yang seharusnya. 

Hal ini disebabkan banyak faktor. Faktor genetik menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang beruban lebih cepat, dilansir dari Rd.com, Senin 18 Maret 2019.

Sebuah studi yang diterbitkan Nature Communications menganalisis fitur rambut 6.000 orang Amerika Latin. Hasilnya menunjukkan ada keterkaitan antara orang tua dengan rambut anak-anaknya yang lebih cepat beruban, kata Doris Day MD, profesor dermatologi klinis di New York University Langone Medical Center.

BACA JUGA: Kedubes Inggris Latih Siswa SMP Surabaya Rakit Mobil Hidrogen

Faktor kedua adalah kemungkinan memiliki penyakit kulit autoimun yang disebut Alopecia Areata. National Alopecia Areata Foundation (NAAF) menjabarkan, orang-orang dengan kondisi ini memiliki bercak-bercak kecil, bulat, dan halus di kulit kepala yang pada akhirnya membuat rambut rontok. Di AS, ada 6,6 juta orang yang menderita penyakit jenis ini.

“Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh Anda menyerang folikel rambut Anda, membuat rambut Anda rontok. Ketika tumbuh kembali, ia tumbuh dengan warna putih,” jelas Dr. Day.

Faktor penyebab selanjutnya adalah polutan dan racun, menurut Perpustakaan Kongres. Sebuah studi menunjukkan, bahan kimia menghasilkan radikal bebas atau stres oksidatif yang merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut.  

BACA JUGA: Profesor Matematika Ini Mengajar Sambil Menggendong Bayi

Stres yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan datangnya uban lebih cepat. Sebutlah mantan Presiden AS Barack Obama, yang saat awal terpilih memiliki rambut gelap. Lima tahun kemudian rambutnya berubah menjadi penuh uban.

Meski masih banyak diperdebatkan, Dr. Day meyakini stres mempercepat rambut beruban terutama mereka yang memiliki faktor genetik. “Jika ada rambut uban dalam gen, stres bisa membuat rambut lebih cepat beruban,” katanya. 

Faktor paparan asap rokok juga jadi salah satu penyebab kenapa rambut lebih cepat beruban. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan bahwa perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih besar untuk beruban dini, kemungkinan karena jumlah besar radikal bebas yang dihasilkan oleh penerangan.

Hormon juga jadi penyebab kenapa rambut lebih cepat beruban. Meski masih diteliti bagaimana hormon bisa mempengaruhi warna rambut, hormon membuat tekstur, kerapatan, dan warna rambut berubah dari waktu ke waktu.  

Baca Juga

loading...