Besok, Naik Kereta Pandanwangi Jember-Banyuwangi Gratis

Ahmad Suudi

Jumat, 12 April 2019 - 15:10

JATIMNET.COM, Banyuwangi – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 bakal menggratiskan tarif Kereta Api Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi-Jember pada Sabtu 13 April 2019. Penumpang bisa membeli tiket sebelum keberangkatan di stasiun keberangkatan tanpa bayar.

Manajer Hukum dan Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Luqman Arif menjelaskan, KA Pandanwangi memiliki 636 bangku penumpang yang terbagi dalam 6 gerbong ekonomi. Namun, sesuai standar operasional PT KAI, kereta boleh diisi penumpang 150 persen dari jumlah bangku yang tersedia dengan cara sebagian penumpang berdiri.

Berarti sekali jalan, kereta itu bisa mengatarkan 954 orang penumpang bertiket gratis. Kereta empat kali jalan, dua kali dari Jember dan dua kali dari Banyuwangi, sehingga tersedia total 3.816 tiket Pandanwangi yang tersedia secara gratis.

BACA JUGA: 13 April Besok KAI Gratiskan Tiket Kereta Lokal Surabaya

"Setiap calon penumpang dapat membeli maksimal satu tiket kecuali membawa anak usia di bawah sepuluh tahun dan lansia. Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api," kata Luqman dalam rilis yang dikirimkannya, Jumat 12 April 2019.

Dari Stasiun Jember, KA Pandanwangi berangkat pukul 05.15 WIB dan 15.30 WIB, kemudian dari Stasiun Banyuwangi Baru berangkta pada pukul 10.00 WIB dan 20.30 WIB.

Sementara masyarakat yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, bisa mengambil uang pembayaran tiket itu lagi di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga (tiga) hari setelah kedatangan KA.

BACA JUGA: Okupansi Kereta Api Gratis Arus Balik Melebihi Seratus Persen

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, dalam rilis itu juga menyampaikan, angkutan transportasi gratis ini untuk merayakan HUT Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ke 21.

PT KAI yang juga BUMN merayakan dengan program yang mendorong masyarakat beralih menggunakan moda transportasi umum ketika bepergian ataupun berkativitas sehari–hari.

“Menyambut momentum HUT ke-21 Kementrian BUMN, promo tiket KA lokal tarif Rp 0 tersebut merupakan kontribusi KAI dalam mewujudkan BUMN Hadir untuk Negeri. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan promo ini semaksimal mungkin,” kata Edi.

Baca Juga

loading...