Okupansi Kereta Api Gratis Arus Balik Melebihi Seratus Persen

Baehaqi Almutoif

Rabu, 10 April 2019 - 22:15

JATIMNET.COM, Surabaya – Okupansi dua kereta api untuk angkutan gratis mudik dan balik lebaran 2019 yang disediakan PT KAI Daop 8 Surabaya melebihi 100 persen.

Kereta Api Probowangi relasi Banyuwangi ke Surabaya Gubeng dan Kereta Api Tawang Alun rute Banyuwangi ke Malang untuk arus balik sama-sama menunjukkan okupansi melebihi 100 persen.

Dua kereta api yang melayani arus balik gratis mulai 7-10 Juni ini, rata-rata terpesan 105 persen per harinya. Dari kapasitas tempat duduk 4.240 kursi, telah dipesan 4.465.

BACA JUGA: Mudik Asyik tidak Berisik

Meski menunjukkan okupansi 100 persen lebih, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menyebut bukan berarti sudah penuh.

Ia mencotohkan, Kereta Api Tawang Alun, ada yang naik dari Banyuwangi turun di Pasuruan. Kemudian naik lagi di Pasuruan turun di Surabaya. "Itu kan terhitung dua (orang) di kami," ujar Suprapto dihubungi melalui selulernya, Rabu 10 April 2019.

Ia mengatakan, arus balik di dua kereta itu masih tersedia. Sepanjang di stasiun yang dilewati Kareta Api Tawang Alun dan Probowangi masih ada. "Belum. Masih bisa dipesan, sepanjang tersedia di stasiun," ungkapnya.

BACA JUGA: Daop 8 Sediakan Kuota 928 untuk Angkutan Motor Gratis

Jika arus balik gratis pada kedua kereta terlihat ramai. Berbeda dengan arus mudik. Relasi perjalanan Kereta Api Tawang Alun mudik gratis okupansi masih 60 persen. Kereta rute Malang-Banyuwangi untuk keberangkatan tanggal 31 Mei sampai 4 Juni baru terpesan 1.577 kursi.

"Memang yang Kereta Tawang Alun mudik gratis okupansinya belum tinggi," tuturnya.

Sementara untuk Kereta Api Probowangi mudik gratis, menunjukkan okupansi sama seperti arus balik. Kereta rute Surabaya Gubeng-Banyuwangi ini rata-rata per hari okupansi mencapai 102 persen.

BACA JUGA: Daop 8 Operasikan 91 KA Sepanjang Angkutan Lebaran

Sekadar diketahui, untuk arus mudik dan balik lebaran 2019, PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 174 perjalanan KA dengan rincian 97 perjalanan KA untuk arus mudik dan 77 perjalanan KA arus balik secara gratis.

Selain dua kereta api yang sudah bisa dipesan tersebut, ada sejumlah kereta api lokal lainnya. PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan KA Dhoho (rute Surabaya-Blitar via Kertosono), KA Penataran (Surabaya-Blitar via Malang), KA Lokal Bojonegoro (Sidoarjo-Bojonegoro), KA Tumapel (rute Surabaya-Malang), dan KA Lokal Kertosono (rute Surabaya-Kertosono).

"Untuk kereta api itu baru bisa dipesan H-7, atau mulai tanggal 21 Mei 2019," katanya.

Baca Juga

loading...