Daop 8 Sediakan Kuota 928 untuk Angkutan Motor Gratis

Baehaqi Almutoif

Senin, 18 Maret 2019 - 18:12

JATIMNET.COM, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan kuota angkutan motor gratis (motis) sesuai yang telah ditetapkan.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, total kapasitas motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 928 motor atau total 12.064 selama 13 hari pelaksanaan. Mulai tanggal 27 Mei sampai 2 Juni 2019 untuk arus mudik, dan mulai 8-13 Juni 2019 untuk arus balik.

"Keberangkatan dari stasiun khususnya di wilayah Surabaya, termasuk yang kontra flow (daerah yang disinggahi kereta api pengangkut motis)," ujar Suprapto saat dikonfirmasi, Senin 18 Maret 2019.

BACA JUGA: Daop 8 Operasikan Kereta Api Ekonomi Premium Sepanjang Maret

PT KAI menyediakan kereta api angkutan motis di antaranya Matarmaja dengan relasi Pasar Senen-Malang, Kertajaya tujuan Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi, Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng, dan Gaya Baru Malam Selatan tujuan Pasar Senen-Surabaya Gubeng.

Kemudian Matarmaja Lebaran relasi Pasar Senen-Malang, Pasundan Lebaran tujuan Kiaracondong-Surabaya Gubeng, Kertajaya Lebaran reasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi, dan Majapahit tujuan Pasar Senen-Malang. Lalu Jayabaya tujuan Pasar Senen-Malang, serta Logawa relasi Purwokerto - Jember.

Semua kereta itu berlaku pulang pergi. "Jadi kalau sebelum lebaran, angkutan motis arus mudik dengan tujuan sesuai kereta api dari Barat ke Timur. Sementara, kontra flownya (untuk daerah), dari Timur menuju Barat," bebernya.

BACA JUGA: Daop 8 Operasikan 91 KA Sepanjang Angkutan Lebaran

Skema ini berlaku juga pada arus balik. Calon penumpang bisa menggunakan fasilitas motis pada beberapa kereta dari stasiun di wilayah Timur yang akan menuju Barat. Sebaliknya ketika kereta yang berangkat dari wilayah Barat ke Timur, calon penumpang dapat memanfaatkannya.

Ada 2 relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2019 ini yaitu, Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Surabaya Pasarturi. Sedangkan satu lagi Stasiun Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya Gubeng.

BACA JUGA: Daop 8 Targetkan Pertumbuhan Angkutan Barang 2,14 Persen

"Pendaftaran Angkutan Motis disertai Pembelian Tiket KA Ekonomi Komersial, dan PSO atau kereta subsidi (selama kuota masih tersedia) dilakukan pada 12 Maret-13 Mei 2019. Kontra flow atau daerah dilakukan di stasiun-stasiun persinggahan KA Motis pada 28 April-12 Juni 2019," tuturnya.

Pendaftaran bisa melalui online di situs mudikgratis.dephub.go.id. "Posko motis di wilayah Daop 8 Surabaya sesuai stasiun berhentinya kereta api tersebut," ungkapnya.

PT KAI menyediakan total 25.652 tempat duduk bagi para pendaftar Angkutan Motis, yang terbagi atas arus mudik 14.734 dan arus balik 10.918. Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan.

"KAI mendukung penuh program pemerintah untuk Anguktan Motor Gratis ini," tandas Suprapto.

Baca Juga

loading...