13 April Besok KAI Gratiskan Tiket Kereta Lokal Surabaya

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 11 April 2019 - 19:27

JATIMNET.COM, Surabaya - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya gratiskan tiket Kereta Api lokal, pada Sabtu 13 April 2019.

Selain untuk memperingati hari jadi BUMN ke 21, program ini merupakan upaya untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengungkapkan, program tiket gratis ini berlaku untuk kereta api lokal yang beroperasi di Wilayah Jawa Timur. 

"Wilayah tersebut seperti Porong, Malang, Kertosono, Lamongan, Blitar, Sidoarjo dan lainnya, kata Prapto saat dikonfirmsi Jatimnet.com, Kamis 11 April 2019.

BACA JUGA: Okupansi Kereta Api Gratis Arus Balik Melebihi Seratus Persen

Adapun, tiket yang disediakan PT KAI Daop 8 Surabaya, sebanyak kurang lebih 20.984 kursi. 

Prapto mengungkapkan, masyarakat bisa mendapatkan tiket KA tersebut secara gratis di loket stasiun keberangkatan secara on the spot atau di hari-H.

Tapi, calon penumpang bisa mendapatkan maksimal satu tiket, kecuali membawa anak usia dibawah sepuluh tahun dan lansia.

"Jadi jika satu keluarga, yang lainnya harus mengantri sendiri-sendiri untuk mendapatkan tiket gratis. Kecuali anak kecil atau lansia," katanya.

BACA JUGA: Ini Empat Kereta Tambahan Lebaran yang Berangkat dari Purwokerto

Ia juga menjelaskan, bagi penumpang yang sudah memesan tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan KA.

"Jadi penumpang bisa mencairkan uang tiketnya di loket tujuan. Misalnya tujuannya di Lamongan, berarti menukarkannya di Stasiun Lamongan," kata Prapto.

Ia berharap, dengan program PT KAI Daop 8 Surabaya tersebut  dapat membantu masyarakat, sekaligus sebagai langkah nyata kontribusi KAI dalam mewujudkan BUMN Hadir untuk Negeri.

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar dapat memanfaatkan promo ini semaksimal mungkin dan terlaksana dengan tertib.

BACA JUGA: Mudik Asyik tidak Berisik

Prapto mengaku, selama ini penumpang kereta api lokal banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya mencoba memberikan layanan gratis atau Rp 0-, pada sabtu mendatang.

Berdasarkan informasi yang diterima Jatimnet.com, KA Lokal mampu mencapai rata-rata 16 ribu sampai 20 ribu penumpang seetiap harinya.

Kereta api dengan tarif Rp 0 antara lain, KRD ekonomi relasi Sidotopo-Porong, Surabayakota-Porong (PP), dan Surabaya Pasarturi-Lamongan (PP). Kemudian, Kereta Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo (PP), dan Kereta Dhoho relasi Surabayakota-Kertosono-Blitar (PP).

Ada pula Kereta Penataran relasi Surabayakota-Malang-Blitar (PP) dan Blitar-Surabaya Gubeng (PP).  

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Pastikan Siap Sediakan Angkutan Massal

Kemudian, Kereta Tumapel, relasi Malang-Surabaya Kota, dan Surabaya Gubeng-Malang; dan Kereta Ekonomi relasi Sidoarjo-Surabaya Pasarturi-Bojonegoro (PP), Surabaya Pasarturi-Sidoarjo (PP), dan Kertosono-Surabayakota (PP).

Baca Juga

loading...