Bawaslu Pelototi Iklan dan Keterlibatan ASN di Kampanye Akbar

Baehaqi Almutoif

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:30

JATIMNET.COM, Surabaya - Masa kampanye akbar telah ditetapkan mulai 24 Maret sampai 13 April 2019. Dua calon presiden mengagendakan salah satu kampanye akbarnya di Jawa Timur.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur Aang Kunaifi mengatakan siap mengawasi kampanye akbar tersebut, terutama iklan kampanye dan rapat umum.

“Keduanya sudah diatur dalam Peraturan KPU nomor 20 tahun 2018 tentang kampanye dan peraturan bawaslu. Kami harap semua mematuhi aturan,” ujar Aang, Jumat 22 Maret 2019.

BACA JUGA: Begini Rencana Kampanye Akbar Jokowi dan Prabowo di Jatim

Bawaslu menggandeng beberapa pihak untuk mengawasi kampanye kedua capres. Salah satunya Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur untuk mengawasi iklan khususnya di media. “Lima hari sekali nanti kita evaluasi,” ungkapnya.

Berdasarkan aturan yang telah ditetapkan KPU, masing-masing capres hanya diperbolehkan menayangkan iklan selama 21 hari. Terhitung mulai 24 Maret hingga 13 April 2019. Iklan kampanye ada yang difasilitasi KPU dan ditambah sendiri oleh peserta pemilu.

Sementara mengenai daerah rawan kericuhan di Jawa Timur, Aang mengaku telah menggandeng pihak kepolisian. Pihaknya telah memetakan sejumlah wilayah yang masuk dalam kategori rawan.

Menurut Aang setiap daerah memiliki tingkat kerawanan yang berbeda. “Yang rawan menurut kami adalah keterlibatan kepala desa dalam kempanye atau memobilisasi masyarakat terhadap pilihan tertentu,” katanya.

BACA JUGA: KPI Jatim Ingatkan Ancaman Pidana Dibalik Kampanye Golput

Selain kepala desa, Bawaslu Jawa Timur juga bakal memelototi ada atau tidaknya keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rapat umum tersebut. Karena sesuai Undang-Undang ASN sudah jelas bahwa pegawai negeri tidak boleh terlibat langsung dalam politik.

Sekadar diketahui, kedua pasangan capres-cawapres sama-sama menjadwalkan kampanye akbar di Jawa Timur.

Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar di Jember dan Madiun tanggal 25 Maret 2019.

Sementara paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi menjadwalkan kampanye di Jawa Timur di Sidoarjo tanggal 31 Maret 2019.

Baca Juga

loading...