Banyuwangi Jemput Bola Periksa Kesehatan Petugas Pemilu

Ahmad Suudi

Senin, 22 April 2019 - 21:37

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banyuwangi dr Widji Lestariono menginstruksikan semua puskesmas memeriksa kesehatan panitia pemilu kecamatan (PPK) secara jemput bola. Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan di tempat bertugas PPK yang tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.

Rio, sapaan dr Widji Lestariono, mengatakan pemeriksaan meliputi tekanan darah, gula darah, serta bila perlu pengobatan akan langsung diberi obat. Penanganan cepat bertujuan menghindari komplikasi dari penyakit yang diderita tersebut dan menimbulkan bahaya lebih besar.

Ia mengatakan penyakit yang berpotensi menyerang petugas KPPS yang kelelahan karena kerja maraton, diantaranya tekanan darah, gula darah, dan masalah kesehatan lain secara umum.

BACA JUGA: Sembilan Petugas Penyelenggara Pemilu 2019 di Jatim Meninggal

"Pemeriksaan dilakukan sampai (proses pemilu) selesai. Saya minta dilakukan tidak hanya di jam kerja, tapi malam hari pun perlu disambangi, kalau-kalau ada keluhan dari petugas," ujar Rio melalui telepon, Senin 22 April 2019.

Dia menjelaskan di Banyuwangi memang belum ada panitia pemungutan suara (PPS) atau PPK yang meninggal dunia karena kelelahan, namun ada satu orang sakit. Berbeda dengan daerah-daerah lain yang dikabarkan sudah 54 petugas meninggal dunia, dan 32 orang sakit seperti yang dilaporkan Jatimnet, Senin 22 April 2019.

Pihaknya berusaha mengantisipasi peristiwa buruk agar tidak terjadi di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu. Dia menjelaskan kegiatan itu merupakan bentuk kontribusi dukungan Dinkes Banyuwangi dalam pelaksanaan Pemilu secara umum.

BACA JUGA: Mendagri Sebut KPPS Meninggal Syuhada Kusuma Bangsa

Salah satu puskesmas yang sigap melaksanakannya Puskesmas Gendoh, Kecamatan Sempu, yang memeriksa di gudang PPK depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Gendoh. Dari 5 orang petugas yang diperiksa, 4 orang sehat dan seorang demam biasa (observasi febris) yang disebabkan kelelahan.

"Yang demam tetap bertugas, tapi sore pulang karena ganti shift," kata Perawat Puskesmas Gendoh Ali Mustofa.

Dia mengatakan pemeriksaan serupa akan dilaksanakan kembali keesokan hari. Sementara rekap perhitungan suara pemilu di semua kecamatan di Banyuwangi, ditargetkan selesai pada tanggal 25 April 2019.

Baca Juga

loading...