Asgreen Rebut Green Jersey Etape Kedua Tour of California

Rochman Arief

Reporter

Rochman Arief

Selasa, 14 Mei 2019 - 13:17

JATIMNET.COM Surabaya – Pebalap Deceuninck-QuickStep Kasper Asgreen berhasil memenangi tahapan kedua balapan Tour of California, Selasa 14 Mei 2019. Kemenangan itu sekaligus merebut Green Jersey, dengan 15 poin.

Sejatinya poin tersebut sama dengan yang dikoleksi Peter Sagan, yang sehari sebelumnya memenangi etape pertama. Namun Asgreen berhak mengenakan Green Jersey lantaran tingkat kesulitan pada etape kedua.

Pebalap muda asal Denmark itu mengaku puas bisa menaklukkan etape kedua, sekaligus meraih kemenangan pertamanya di panggung WorldTour.

BACA JUGA: Sagan Catat Rekor Kemenangan ke-17 di California

“Ini kemenangan pro pertamaku, jadi saya benar-benar bahagia sekarang. Kemenangan ini sangat penting bagi saya, karena kemenangan ini sangat sulit diraih,” kata Asgreen setelah penobatan di podium, seperti dikutip Cyclingnews.com, Selasa 14 mei 2019.

Dia pantas bangga lantaran dua lawan yang ditundukkan adalah Tejay van Garderen (EF Education First) dan Gianni Moscon (Team Ineos). Kemenangan itu dibukukan bekat kecerdikannya menyerang beberapa ratus meter jelang finish.

Garderen dan Moscon yang tidak menduga Asgreen menyerang begitu cepat. Hal itu membuat Garderen dan Moscon berusaha merespon serangan tersebut. Namun keduanya terlambat dan harus puas berada di posisi kedua dan ketiga.

BACA JUGA: Ackermann Rebut Kemenangan Perdana di Ajang Grand Tour

Pada etape kedua ini berjarak 214,5 kilometer dari Rancho Cordova menuju Lake Tahoe diselesaikan Asgreen dengan mencatat waktu enam jam 17 menit dan 11 detik. Capaian itu sama dengan yang dikoleksi Van Garderen atau lebih cepat empat detik dari Moscon.

Bagi Garderen meski gagal memenangi etape kedua, hasil ini sudah cukup mengantarnya mengenakan Yellow Jersey atau memuncaki klasemen sementara. Dia mengoleksi total waktu sembilan jam 31 menit dan 19 detik. Posisi itu sebetulnya belum aman betul lantaran Moscon mengintai di posisi kedua terpaut enam detik.

“Saya sangat puas dengan hasil ini. Menyenangkan mendapat kemenangan, saya benar-benar terkejut mendapatkan (Yellow Jersey). Merupakan sebuah kehormatan mengenakan Yellow Jersey di negara asal,” kata van Garderen.

Baca Juga

loading...