Warga Australia Tewas Diseruduk Rusa

Dyah Ayu Pitaloka

Rabu, 17 April 2019 - 19:49

JATIMNET.COM, Surabaya – Pasangan suami istri di Australia diseruduk oleh rusa peliharaan mereka, Rabu pagi waktu setempat,17 April 2019. Tandukan rusa jantan itu menewaskan laki-laki berusia 47 tahun, dan menyebabkan istrinya mengalami luka serius.

Rusa disebutkan telah dieutanasia di lokasi kejadian.

Peristiwa itu terjadi ketika laki-laki yang tidak disebutkan namanya itu, sedang memberi makan rusa jantan miliknya, di properti pribadinya, di Victoria, dikutip dari Bbc, Rabu 17 April 2019.

Sedangkan, istrinya terluka ketika mencoba memberikan pertolongan pertama pada suaminya, kata polisi setempat.

BACA JUGA: Tidak Beli Tiket, Bule Australia Terobos Zona Aman Bromo

Perempuan itu kini dilarikan ke rumah sakit, untuk mendapatkan perawatan.

Polisi mengatakan, mereka telah mengeutanasia rusa itu di lokasi, dekat Wangaratta, sekitar 250 kilometer Timur Laut Melbourne.

Media lokal mengatakan jika perempuan yang terluka, berhasil diselamatkan oleh anaknya, dari tanduk rusa. Keluarga itu telah memelihara rusa itu selama enam tahun.

Rusa jantan itu adalah persilangan antara rusa merah dan rusa besar (elk), kata Sersan Polisi Paul Pursell kepada reporter. Rusa sambar, fallow, rusa merah dan rusa babi ditemukan hidup di Victoria.

BACA JUGA: Kota di Amerika Serikat Bunuh 1 Miliar Burung Pertahun

Penelitian terbaru tentang kematian yang disebabkan hewan di Australia, antara tahun 2000 hingga 2013, menemukan tak ada satupun yang melibatkan rusa.

Penulis penelitian, Dr Ronelle Welton mengatakan, jika ia tidak mengetahui informasi terkait serangan rusa, dalam catatan koroner Australia.

Otoritas setempat, sebelumnya telah mengingatkan jika populasi rusa liar telah meningkat mencapai lebih dari satu juta ekor, beberapa waktu terakhir.

Laporan pemerintah tahun lalu menyebutkan, jika rusa liar telah menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan kerusakan infrastruktur.

BACA JUGA: Australia Siapkan Denda dan Penjara untuk Bos Media Sosial 

“Perjumpaan dengan rusa dan laporan tentang risiko keselamatan publik semakin umum,” kata laporan itu.

Taman Victoria mengklasifikasikan rusa sebagai hewan pendatang di Australia, dan menjadi ancaman bagi vegetasi di taman nasional itu.

Baca Juga

loading...