Tujuh Latihan yang Efektif Tingkatan Memori Otak

Hari Istiawan

Rabu, 12 Juni 2019 - 15:57

JATIMNET.COM, Surabaya - Otak manusia adalah organ paling kompleks, pusat komando sistem saraf manusia. Sebagai organ sentral, otak mengendalikan sebagian besar aktivitas tubuh dan membantu proses, mengintegrasikan, dan mengoordinasikan informasi.

Seiring waktu dan usia, fungsi organ Anda dapat memburuk dan juga mengalami perubahan ini. Kehilangan ingatan, merupakan indikasi utama penuaan yang normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan

Mengutip Boldsky.com, Rabu 12 Juni 2019, setidaknya ada tujuh latihan agar dapat meningkatkan otak dan melindungi ingatan dengan melakukan beberapa kebiasaan sehat setiap hari. Berikut macam-macam latihannya:

BACA JUGA: Mengonsumsi Jamur Ternyata Bisa Menyehatkan Otak

1. Latihan observasi

Tujuan latihan ini adalah untuk mengamati detail dan mengingatnya nanti. Juga disebut sebagai pelatihan memori pasif, latihan ini mengharuskan Anda untuk mengamati berbagai hal dan membuat otak Anda mengingat kembali informasi itu nanti.

3. Pengulangan

Metode ini berfokus pada berlatih mengingat pada waktu yang tepat. Pengulangan membutuhkan seseorang untuk memperkuat informasi dalam pikiran Anda. 

BACA JUGA: Kekurangan Vitamin D Mempengaruhi Kesehatan Otak

4. Ulangi dan ingat

Latih diri Anda untuk fokus pada apa yang dikatakan orang, saat mereka berbicara dengan Anda. Dengarkan orang itu dan ulangi kata-kata mereka dalam benak Anda saat percakapan berjalan. Dengan melatih ingatan Anda untuk mengingat kembali informasi dan detail, Anda melatih otak Anda

5. Latihan visualisasi

Untuk latihan ini, Anda dapat berlatih melatih otak Anda dengan membuat gambar di kepala Anda. Metode visualisasi membantu Anda mengingat insiden dengan detail kecil, yaitu memperhatikan lokasi, orang dan hal-hal serupa yang terlibat dalam adegan (baik itu film, percakapan dengan seseorang atau obyek).

BACA JUGA: Otak Einstein Dicuri, Setelah Diteliti Tidak Istimewa?

6. Belajar bahasa asing

Bilingualisme sangat bermanfaat bagi otak Anda. Belajar berbicara dan membaca bahasa baru membutuhkan otak Anda mengingat informasi dengan nada konstan. Ini membantu meningkatkan dampak dan efektifitas melatih otak Anda

7. Pemetaan pikiran

Latihan otak jenis ini membantu meningkatkan asosiasi Anda, imajinasi dan kreativitas, sehingga memiliki dampak langsung pada peningkatan memori Anda juga.

Baca Juga

loading...