Tiga Prinsip Fundamental Ekonomi yang Harus Dilakukan Pemerintah

Khoirotul Lathifiyah

Senin, 25 Maret 2019 - 14:34

JATIMNET.COM, Surabaya – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan tiga hal yang perlu dilakukan untuk menguatkan perekonomian Indonesia yang meliputi optimis, sinergi, dan berkelanjutan (continue).

"Ketiga prinsip ini sangat penting untuk mempertahankan dan perekonomian Indonesia. Dengan hal tersebut akan menjaga stabilitas keuangan Indonesia," kata Perry di sela Seminar Peluang dan Tantangan Ekonomi Indonesia 4.0 di Hotel Shangrilla, Senin 25 Maret 2019.

Ia menilai upaya pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah, akan mampu mengembangkan ekonomi Indonesia lebih baik dan lebih tinggi.

BACA JUGA: Ini Empat Jamu yang Disiapkan Bank Indonesia

Perry mengungkapkan dengan upaya tersebut stabilitas akan terjaga. Hal tersebut terbukti bahwa ekonomi Indonesia itu cukup kuat untuk menahan dampak dunia yang sedang tidak ramah. “Tahun lalu nilai tukar rupiah masih kuat meski Turki sempat turun,” katanya.

Kebijakan ekonomi Indonesia, menurut Perry, sangat kuat. Melalui kebijakan presiden terkait Coordinating Minister of Finance kemudian juga berbagi dengan OJK yang bersinergi dengan UMKM dapat mendukung perekonomian bangsa.

Bersamaan dengan upaya pemerintah, Perry membuat beberapa kebijakan di bidang makroprudensial dengan pendalaman pasar keuangan sistem pembayaran maupun ekonomi keuangan syariah, kebijakan moneter untuk stabilitas, kebijakan yang terurut dan tentu saja optimisme yang bagus.

BACA JUGA: Bank Indonesia Sebut Nilai Tukar Rupiah Mulai Stabil

“Kebijakan ini untuk terus meningkatkan pertumbuhan dan harus menangani ekonomi baik dari sisi permintaan maupun dari sisi penawaran, agar perekonomian dalam negeri lebih baik,” kata Ferry.

Sementara itu, Kepala Staff Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyampaikan akan terus meningkatkan infrasturktur baik dalam bidang pembangunan, konektivitas, maupun pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Upaya ini untuk meningkatkan pertumbunan yang berkualitas.

“Jika infrastruktur baik, maka semua harga kebutuhan akan lebih terjangkau. Selanjutnya bisa juga meningkatkan perekonomian rakyat,” katanya.

Baca Juga

loading...