Setiap Tahun Ada Ribuan Pernikahan Janda Duda di Banyuwangi

Ahmad Suudi

Jumat, 12 April 2019 - 21:58

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Jumlah pernikahan di Kabupaten Banyuwangi rata-rata 16 ribu per tahun pada lima tahun terakhir. Dari jumlah itu, sebanyak 20 persen atau 3.200 di antaranya dilaksanakan pasangan yang sebelumnya pernah menikah, alias duda atau janda.

Formasi pasangan bisa duda bersama janda, duda bersama gadis, atau bujang bersama janda. Sementara pernikahan bujang dan gadis berjumlah 80 persen dari total proses pernikahan yang tercatat.

Hal itu diungkap Kasi Bimas Islam Kemenag Banyuwangi Muklis di sela acara sidang isbat pernikahan untuk 26 pasangan pengantin lama di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jumat 12 April 2019.

"Setiap tahun peningkatan jumlah pernikahan sedikit, paling tinggi jumlahnya 18 ribu," kata Muklis.

BACA JUGA: Sidang Isbat, PA Banyuwangi Sahkan 26 Pasangan Kawin Siri

Dia mengatakan banyaknya pernikahan yang melibatkan duda atau janda didukung tingginya tingkat perceraian di Banyuwangi. Banyaknya suami yang bekerja ke luar kota atau ke luar negeri dan sebaliknya, akhirnya juga menambah jumlah perceraian.

Kemudian mereka yang sudah berpisah akan kembali menikah dengan pasangan barunya. Mereka yang memilih pasangan di luar daerah juga berpengaruh pada jumlah pernikahan yang tercatat di Kemenag Banyuwangi.

"Apalagi kalau dia menikah dengan orang luar Banyuwangi, akan menambah jumlah pernikahan yang tercatat di Banyuwangi," kata Muklis lagi.

Baca Juga

loading...