Rekapitulasi Suara Tingkat PPK di Surabaya Sebagian Diundur

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 19 April 2019 - 19:45

JATIMNET.COM, Surabaya -Rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, seharusnya berlangsung serentak mulai Jumat 19 April 2019. Namun sebagian Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Surabaya terpaksa harus menunda kegiatan tersebut karena faktor kelelahan dan kesehatan masing-masing anggota PPK.

Dari 31 PPK di Kota Surabaya, terdapat 15 di antaranya sudah menggelar rekapitulasi suara hasil Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. Sehingga masih ada 16 PPK yang belum melaksanaanya karena berbagai kendala.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya Muhammad Kholid mengungkapkan jadwal rekapitulasi suara di tingkat PPK dimulai 18 April sampai 4 Mei 2019.

BACA JUGA: Bawaslu Jatim Temukan Indikasi Surat Tercoblos sebelum Pelaksanaan Pemilu

“Banyak teman-teman Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan PPK yang harus memulihkan kesehatannya dulu karena faktor kelelahan,” kata Kholid saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat 19 April 2019.

Adapun 15 PPK yang sudah menggelar rekapitulasi meliputi PPK Sukolilo, Dukuh Pakis, Asemrowo, Gayungan, Wiyung, Tenggilis Mejoyo, Simokerto, Mulyorejo, Bulak, Gununganyar, Tambaksari, Pabean Cantikan, Tegalsari, Sambikerep dan Lakarsantri juga sudah melaksanakan rekapitulasi.

Sedangkan penundaan rekapitulasi suara di antaranya terjadi di PPK Karang Pilang. Seharusnya rekapitulasi itu dilangsungkan Jumat 19 April 2019. Namun terpaksa ditunda karena lima anggota PPK mengalami kelelahan. Bahkan satu di antaranya terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

BACA JUGA: Ketua PBNU Imbau Masyarakat Patuhi Konstitusi

Ketua PPK Karang Pilang Surabaya Rohim mengungkapkan, penundaan itu memang murni karena faktor kesehatan para anggotanya.

"Ada juga yang suaranya hilang, ngomong aja gak bisa, saking lelahnya. Itu karena faktor kelelahan, sejak kemarin kami keliling terus, setiap ada laporan di PPS kami datangi," kata Rohim.

Sedangkan hal berbeda terjadi di Kecamatan Sukolilo yang tetap melakukan penghitungan dan rekapitulasi suara meskipun dengan kondisi kelelahan.

BACA JUGA: Kemenkes Minta RS Siaga Layani Caleg Depresi Pasca Pemilu

"Ini merupakan dedikasi dan prosedur yang harus kami jalankan. Semoga apa yang sudah kami kerjakan mendapatkan manfaat," kata Ketua Divisi Partisipasi Masyrakat dan SDM dan Keuangan PPK Kec Sukolilo Desy Noor.

Meski tetap berlangsung, Desy mengaku jadwal rekapitulasi di Kecamatam Sukolilo molor hingga dua jam karena kelelahan. Mulanya dijadwalkan mulai lukul 13.00 WIB namun berlangsung pukul 15.00 WIB.

Sesuai jadwal, rekapitulasi suara di tingkat PPK dimulai pada 18 April-4 Mei 2019, rekapitulasi di KPU Surabaya pada 22 April-7 Mei, rekapitulasi di KPU Jatim pada 22 April-12 Mei dan tingkat KPU RI pada 25 April-22 Mei 2019.

Baca Juga

loading...