Rekapitulasi Hari Ketiga, KPU Selesaikan 13 Kecamatan 

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 2 Mei 2019 - 20:30

JATIMNET.COM, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya hingga Kamis 2 April 2019, pukul 16.00 WIB, baru menyelesaikan rekapitulasi 13 kecamatan. Jumlah tersebut kurang dari target lantaran di hari ketiga ini KPU seharusnya menyelesaikan perekapan 18 kecamatan.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kota Surabaya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di hari ketiga ini, KPU Surabaya menjadwalkan lima kecamatan. Kelimanya adalah Kecamatan Tambaksari, Pabean, Sukolilo, Dukuh Pakis, dan Wiyung.

“Sampai hari ketiga rekapitulasi tingkat kota ada 17 kecamatan dari 31 kecamatan,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan, Miftakhul Ghufron saat ditemui di Kantor KPU, Kamis 2 Mei 2019.

Namun rekapitulasi yang dimulai pukul 13.00-16.00 WIB baru menyelesaikan satu kecamatan, yakni Kecamatan Tambaksari. Diperkirakan hari ini dapat diselesaikan hingga pukul 24.00.

BACA JUGA: BPD Probolinggo Pilih Walk Out dari Rekapitulasi Suara

Untuk dua hari sebelumnya, ia mengatakan rekapitulasi berjalan dengan lancar. Tidak ada keberatan saksi, dan semua mengikuti rapat dengan kondusif, serta tidak ada protes dari saksi.

“Hanya pembetulan administratif terhadap jumlah pemilih yang berupa pemilih DPT, DPTB, DBK. Pembetulan administratif ini memang diperkenankan, ada ruangan terhadap pembetulan itu, sesuai dengan PKPU Nomor 4 tentang Rekapitulasi. Kalau selisih itu definisi selisih pada perolehan suara, bukan selisih terhadap pemilih,” jelasnya.

Gufron mengungkapkan secara administratif, data pemilih harus betul-betul valid. Hal ini agar bisa diketahui siapa saja yang menggunakan hak pilihnya.

BACA JUGA: 14 Kecamatan Lebih belum Serahkan DA1 ke KPU

“Tapi sejauh ini teman-teman dari partai bisa mengerti. Memang secara jumlah TPS di Kota Surabaya cukup besar dan terbesar untuk ukuran kota, sehingga bisa mengerti tentang pembetulan data pemilih,” ujar dia.

Sampai saat ini, dia menyampaikan masih ada empat kecamatan yang belum selesai rekapitulasi tingkat kecamatan. Yakni, Wonokromo, Sawahan, Kenjeran, dan Semampir. “Hari terakhir 4 Mei 2019,” kata dia.

Untuk jadwal rekapitulasi tingkat kota hari keempat, KPU masih belum bisa memastikan kecamatan mana saja yang dituntaskan.

“Rekapitulasinya besok (Jumat 3 Mei 2019), tapi masih dipastikan dulu agar berjalan lancar. Yang sudah ready Kecamatan Rungkut dan Sambikerep. Untuk rekap setiap harinya bisa mencapai lima sampai enam kecamatan,” kata dia.

Baca Juga

loading...