14 Kecamatan Lebih belum Serahkan DA1 ke KPU

Khoirotul Lathifiyah

Selasa, 30 April 2019 - 19:21

JATIMNET.COM, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mengungkapkan lebih dari 14 kecamatan yang belum menyerahkan data akhir tingkat kecamatan (DA1). Hal tersebut disebabkan karena banyaknya berkas yang harus ditandatangani oleh petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Seharusnya pada akhir April 2019 ini semua kecamatan sudah menyerahkan DA1 ke KPU,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya Miftakhul Gufron di Kantor KPU Surabaya Jalan Adityawarman Nomor 87, Surabaya, Selasa 30 April 2019.

Namun karena banyak berkas yang meliputi rekapitulasi Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kota yang harus ditandatangani petugas PPK, menyebabkan banyak DA1 yang belum dikirimkan ke KPU Kota Surabaya.

BACA JUGA: KPU Surabaya Rampungkan Rekapitulasi Enam Kecamatan Hari Ini

Gufron mengungkapkan dari 31 kecamatan di Surabaya, hanya 10 kecamatan yang sudah menuntaskan rekapitulasinya. Hingga hari ini Selasa 30 April 2019, sudah ada beberapa kecamatan yang sudah menyerahkatan DA1 ke KPU Kota Surabaya.

“Sebenarnya beberapa kecamatan sudah selesai melakukan rekapitulasi, namun berita acara atau surat-surat yang harus ditandatangani yang belum selesai,” katanya.

Dia menyampaikan laporan yang diterima KPU Surabaya hingga hari ini (Selasa 30 April 2019) kurang lebih 60 persen kecamatan sudah menyelesaikan proses rekapitulasi. Akan tetapi untuk administrasi dan berita acaranya masih dalam tahap penyelesaian.

Seperti Kecamatan Tambaksari yang sudah menyelesaikan rekapitulasi, lanjut Gufron, tapi untuk administrasi belum selesai.

BACA JUGA: Dokter Disiagakan dalam PSU di TPS 28 Rungkut Menanggal

“Masih terdapat kurang lebih 21 ribu lembar dokumen yang ditandatangani di Tambaksari. Sampai hari ini (Selasa 30 April 2019), sebetulnya belum selesai. Kalau malam ini sudah ditandatangani semua, akan dikirim ke KPU,” kata dia.

Gufron juga menjelaskan untuk teknisnya, setiap kecamatan memulai rekapitulasi mulai tanggal 18-29 April 2019. Namun karena dalam pelaksanaannya relatif lama, maka KPU Surabaya melakukan perpanjangan hingga 4 Mei 2019.

“Artinya tahapan rekapitulasi tingkat kota tetap diselenggarakan mulai hari ini sampai tanggal 5 Mei 2019 mendatang, sambil menunggu penyerahan rekapitulasi tingkat kecamatan ke KPU,” jelasnya.

Selanjutnya pada Rabu 1 Mei 2019, KPU menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kota Surabaya Pemilu 2019 hari kedua untuk enam kecamatan yang meliputi Wiyung, Genteng, Tenggilis, Karang Pilang, dan Lakarsantri.

Baca Juga

loading...