Rangking HRC Turun, Google Hapus Aplikasi Living Hope Ministries

Nani Mashita

Jumat, 29 Maret 2019 - 16:59

JATIMNET.COM, Surabaya - Google menghapus aplikasi 'Living Hope Ministries' dari PlayStore. Penarikan ini bersamaan dengan pengumuman dari Human Rights Campaign (HRC) yang menurunkan posisi Google dari indeks perusahaan yang ramah terhadap LGBT.

Link untuk mengunduh aplikasi itu sudah tidak bisa berfungsi lagi, kata techcrunch.com, Jumat 29 Maret 2019.  

HRC adalah salah satu organisasi pembela hak LGBT terkemuka. Dalam laporan Indeks Kesetaraan Korporat 2019, HRC menuliskan terapi konversi dapat menyebabkan depresi, kegelisahan, penggunaan narkoba, tuna wisma, dan bunuh diri," tulis HRC dalam indeksnya.

BACA JUGA: Kawal Pemilu 2019, Google Indonesia Tawarkan Resep Anti Retas 

"Menunggu langkah perbaikan oleh perusahaan untuk mengatasi aplikasi ini yang dapat membahayakan komunitas LGBTQ, peringkat (Corporate Equality Index) ditangguhkan," tulis HRC lagi.

TechCrunch telah menghubungi Google untuk perincian tentang keputusannya dan aturan spesifik apa yang dilanggar oleh aplikasi Living Hope Ministries.

Google selama ini dikenal sebagai perusahaan yang ramah terhadap LGBT. Bahkan tahun 2018 lalu, HRC memberikan skor 100 persen kepada perusahaan ini.

BACA JUGA: Google Didenda USD 1,69 Miliar

Aplikasi 'Living Hope Ministries' yang didistribusikan PlayStore milik Google, mempromosikan terapi konversi. Terapi ini diklaim bisa membalikkan orientasi seksual LGBT menjadi penyuka heteroseksual.

Tapi Living Hope Ministries, yang berbasis di Arlington, Texas, menyangkal bahwa mereka mempromosikan terapi konversi. Sebuah petisi di Change.org telah menyerukan penghapusan aplikasi ini, dan saat ini memiliki lebih dari 140.000 tanda tangan dukungan.

Apple menarik aplikasi Living Hope Ministries pada bulan Desember setelah menghadapi tekanan publik dan kampanye menentang aplikasi oleh organisasi Truth Wins Out. Penghapusan ini diikuti oleh Amazon. Tetapi aplikasi tetap tinggal di Google Play hingga hari ini.

Baca Juga

loading...