PU Bina Marga Minta Jalan Berlubang segera Ditangani

Gayuh Satria Wicaksono

Senin, 27 Mei 2019 - 10:13

JATIMNET.COM, Ponorogo – Menjelang mudik lebaran jalan ambles di kilometer 227 perbatasan Ponorogo-Pacitan masih menjadi titik rawan untuk jalur mudik. Pengerjaan kontruksi jalan dan pembersihan bahu jalan sampai saat ini terus dikebut Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Jawa Timur.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim Gatot S Hadi dalam kunjungannya di kilometer 227 mengatakan perbaikan jalan amblas akan selesai hari ini, Senin 27 Mei 2019. Mulai dari pembersihan material kontruksi sampai dengan finishing, seperti bahu jalan dan merapikan bronjong.

“Kami sudah keliling di seluruh Jatim, dan ini (kilometer 227) yang terakhir. Semua jalur provinsi untuk mudik kami tilik semua,” Kata Gatot saat di temui di Kilomter 227, Senin 27 Mei 2019.

BACA JUGA: Jelang Mudik, Terminal Seloaji Ponorogo Rutin Cek Kelayakan Bus

Gatot menjelaskan khusus kilometer 227 di Slahung ini memang masih kontruksi semi permanen, karena penahan tebing masih menggunakan bronjong. Namun ia meyakinkan jika kontruksi jalan sudah sangat kuat untuk dilalui kendaran selama mudik lebaran karena telah diuruk.

“Ke depan akan kami petakan di mana ada sumber air, di situ ada retakan jalan. Harus dideteksi, karena jika tidak dideteksi sejak dini, tidak akan tuntas perbaikan jalan,” tuturnya.

Ia juga memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar untuk jalur provinsi yang dilalui pemudik tidak ada jalan berlubang. Ketika terdapat jalan yang berlubang 1 x 24 jam, dia memerintahkan harus segera ditangani.

BACA JUGA: KAI Pastikan Seluruh Infrastruktur Siap Sambut Arus Mudik

“Namanya jalan dipakai, sekalipun jalan berlubang, 1 x 24 jam harus langsung bisa ditambal dan ditangani,” ujarnya.

Hal ini untuk menjamin kelancaran arus mudik serta kenyamanan para pemudik. Selain itu, juga untuk menekan angka kecelakaan yang diakibatkan jalan berlubang.

Untuk Jatim ia mengaku sampai saat ini masih ada dua titik rawan yang masih menjadi perhatian PU Bina Marga Jatim. “Tinggal kilometer 227 ini dan di daerah Tosari Bromo ada beberapa titik longsoran,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...