Pemilih di Kota Surabaya Dipastikan Membengkak Belasan Ribu Jiwa

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 11 April 2019 - 19:07

JATIMNET.COM, Surabaya - Jumlah pemilih di Kota Surabaya dipastikan membengkak lebih dari 15 ribu jiwa pada Pemilu Serentak 17 April 2019 mendatang. Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menunjukkan per 1 April 2019 lalu, data pindah pilih (A5) sudah mencapai 14.165 jiwa.

Hal ini karena faktor Kota Surabaya sebagai kota metropolitan yang banyak dihuni pendatang baik pelajar maupun pekerja.

"Jadi per tanggal 1 April 2019 lalu data A5 mencapai 14.165," kata Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan dan Data Robiyan Arifin saat diwawancarai di KPU Kota Surabaya, Kamis 11 April 2019.

BACA JUGA: Bawaslu Jatim Selidiki Dua Dugaan Pelanggaran Kampanye di Magetan

Namun, data ini belum termasuk data perpanjangan yang diputuskan MK pada 28 Maret 2019 lalu yang berlaku mulai 1 - 10 April 2019. Roby mengungkapkan setiap harinya KPU dipadati oleh permintaan pindah pilih dari pekerja.

Terhitung mulai awal April 2019 lalu dalam sehari KPU bisa melayani warga antara 300 hingga 400 pemilih. Bahkan menjelang penutupan, yang mengajukan pindah pilih mencapai hingga 500 hingga 700 pemilih. "Nah, itu berdasarkan antriannya. Tapi terkadang satu antrian, mengurus dua sampai tiga orang, satu keluarga," katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini pihaknya belum bisa menyebutkan dengan pasti jumlah total form A5 yang masuk di Kota Surabaya karena masih dalam proses input data dan penyesuaian pendatang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sesuai domisilinya.

Disamping itu, Roby menjelaskan terdapat beberapa TPS yang mengalami penambahan form A5 dengan jumlah yang cukup banyak.
Wilayah tersebut meliputi Mulyorejo , Sukolilo, Wonocolo, Rungkut, Sambikerep dan beberapa wilayah lainnya.

BACA JUGA: Mendagri Minta Tim Pemantauan Pemilu Deteksi Serangan Fajar

"Penambahan terbanyak di lokasi tersebut karena didominasi oleh mahasiswa seperti Unair, ITS, Ciputra dan masih banyak lagi," kata Roby.

Sejauh ini, banyak mahasiswa yang sudah mengajukan pindah pilih untuk mencoblos pada 17 April 2019 mendatang. Namun meskipun begitu, lanjut Roby, form pindah pilih tetap didominasi oleh para pekerja.

Pantauan Jatimnet.com, hingga hari ini Kamis 11 April 2019 masih banyak masyarakat yang datang ke KPU Surabaya untuk mengurus A5. Namun karena sudah ditutup pada 10 April 2019 lalu, KPU Surabaya tidak bisa melayaninya.

Baca Juga

loading...