JATIMNET.COM, London – Persiapan Williams jelang pelaksanaan balap mobil Formula 1 makin memburuk. Penyebabnya adalah Chief Technical Officer Paddy Lowe meninggalkan tim. Padahal balapan adu cepat jet darat itu tinggal menghitung hari.

Mundurnya Lowe disebabkan buruknya hasil tes pra musim. Kabar lain menyebutkan mundurnya Lowe karena tekanan internal setelah gagal menyuguhkan mobil yang kompetitif. Bukti sakih adalah hasil tes pra musim di Barcelona dua pekan silam.

Namun kabar mundurnya Lowe sebagai kepala mekanik dibantah Williams. Dikutip dari BBC Sport, Kamis 7 Maret 2019 menyebutkan jika Lowe mengambil cuti karena alasan bisnis dan pribadi.

Banyak yang menganggap alasan tersebut tidak masuk akal. Sebab balapan F1 akan dimulai di sirkuit Albert Park, Melbourne 17 Maret, dan alasan mundur sepuluh hari jelang balapan adalah keputusan yang tidak masuk akal.

BACA JUGA: Williams Pamerkan FW42 di Inggris

Mundurnya pria 56 tahun itu tidak ditampik Deputy Team Principal Williams, Claire Williams. Dia mengakui tidak bisa menutupi kekecewaannya setelah melihat hasil tes pra musim lalu.

“Memalukan tidak membawa mobil balap ke sirkuit ketika semua orang berhasil melakukannya, khususnya tim sekelas Williams yang berhasil membawa mobil balap untuk pengujian selama 40 tahun terakhir,” katanya.

Williams berharap musim ini memiliki kesiapan yang lebih baik. Sebab mereka telah membukukan hasil terburuk sepanjang sejarah, di mana Williams finish di posisi terakhir klasemen tim musim lalu. Capaian musim 2018 itu menimbulkan ketegangan internal, menyusul buruknya performa mobil dalam pengujian.

BACA JUGA: Robert Kubica Dipastikan Kembali ke Ajang Formula 1

Sebetulnya Lowe tidak terlalu risau dengan jabatannya. Pria kelahiran Nairobi 8 April 1962 itu menilai mobilnya telah menunjukkan langkah maju yang cukup pesat. Terutama dalam hal responsif terhadap perubahan dan perilaku di lintasan balap.

Namun kurang dari sepekan, Lowe memilih meninggalkan tim dan tidak menjelaskan alasannya. Bahkan tim tidak dapat mengatakan kapan Lowe akan kembali.

Lowe bukan orang baru bagi Williams. Dia mengawali karir di F1 bersama Williams tahun 1987-1993. Kemudian dia bergabug dengan McLaren selama 12 musim mulai tahun 1993.

Selanjutnya dia memimpim tim teknis Mercedes 2013-2017. Sebagai direktur teknis, dia mengantar Lewis Hamilton menjadi juara dunia empat kali beruntun mulai 2014-2017 dan juara dunia konstruktor. Selanjutnya dia balik kucing ke Williams sejak 2017 dan menuai hasil terburuk musim lalu.