Mumi Tikus dan Kucing Ditemukan dalam Makam Kuno Mesir

Dyah Ayu Pitaloka

Minggu, 7 April 2019 - 11:42

JATIMNET.COM, Surabaya – Sekitar 50 mumi binatang seperti kucing, tikus dan elang, ditemukan dalam penggalian situs makam kuno, di Kota Sohag, 390 kilometer dari Kairo, Mesir. Kementerian Barang Antik Mesir menunjukkan temuan itu, untuk meningkatkan industri pariwisata Mesir.

Di situs makam tersebut, tikus dan beberapa hewan lain seperti kucing, dikelilingi dua mumi manusia, di dalam ruang pemakaman yang berhias lukisan tentang proses pemakaman, serta manusia yang bekerja di sekitar lokasi tersebut, dilansir dari Bbc, Sabtu 7 April 2019.

Mumi seorang perempuan dan laki-laki di masa Ptolemaic, diletakkan sebagai display di depan makam. Perempuan itu diperkirakan berusia antara 35 hingga 50 tahun, sementara mumi anak-anak, diperkirakan berusia antara 12 hingga 14 tahun.

Lebih dari 50 ekor mumi tikus, kucing dan burung, juga ditemukan dalam penggalian itu. Terdapat pula mumi seekor elang, yang terbungkus kain dengan rapi.

BACA JUGA: Korban Mutiliasi yang Dibuang di Blitar Dimakamkan di Kediri

Ditemukan pula fragmen dari hiasan bergambar wajah.

Para ahli mengatakan, jika makam ini berusia lebih dari 2000 tahun dan diperkirakan menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi petugas senior bernama Tutu dan istrinya.

Makam ini ditemukan pada Oktober, kertika sejumlah penyelundup tertangkap sedang menggali artefak secara ilegal.

Kementerian barang antik Mesir berharap, penemuan akan menjadi magnet untuk menarik wisatawan kembali ke kota gurun yang terletak sekitarf 390 km dari Selatan Kairo, di dekat Sungai Nil.

BACA JUGA: Aktor Berdarah Mesir Menangi Oscar

Mostafa Waziri, Sekjen Dewan Antik Mesir, mengatakan bahwa “makam cantik dan penuh warna ini adalah penemuan yang paling menarik di area ini”.

Sejak tahun 2011, ketidakamanan dan ketidakstabilan negara, telah berdampak buruk pada industri pariwisata. Menteri berharap, temuan ini akan menarik wisatawan untuk kembali datang.

Baca Juga

loading...