Bruriy Susanto

Kamis, 13 September 2018 - 07:03

JATIMNET.COM, Surabaya – Presiden Joko Widodo mengunjungi Korea Selatan, Senin 10 September 2018. Usai jamuan makan malam, Presiden Korea Moon Jae-in beserta istri, Kim Jung-Sook, mengajak Jokowi dan Ibu Negara Iriana mampir ke Dongdaemun di Kota Seoul.

Dongdaemun adalah pusat perbelanjaan besar sekaligus ikon Kota Seoul. Bangunannya dirancang bergaya neofuturistik dengan lengkungan yang khas. Pembangunannya dimulai pada 2009 dan secara resmi dibuka pada 21 Maret 2014. Terhubung dengan kereta dan transportasi umum lain, pusat perbelanjaan yang dihuni 30 ribu pedagang ini juga menjadi tempat wisata populer.

Sebagai pusat perbelanjaan populer, Dongdaemun mungkin semacam Pasar Tanah Abang di Jakarta atau Pasar Turi di Surabaya. Sayangnya pasar yang terakhir -namanya memang populer hingga Indonesia bagian timur-, tapi sejak terbakar tahun 2007, nasibnya tak semujur Tanah Abang, apalagi Dongdaemun.

Ribuan pedagang dilaporkan menjadi korban penipuan. Kios yang terbeli lunas tak bisa ditempati. Pedagang keleleran menanti kepastian. Setelah lolos dari gugatan Pemerintah Kota Surabaya, bos pengembang Pasar Turi Henry J.Gunawan kini menjalani proses persidangan. Ia harus menghadapi dua gugatan; dari rekanan sesama pengembang dan pedagang. Pasar Turi salah asuhan.

Baca Juga

loading...