Jerez Nantikan Jorge Lorenzo

Rochman Arief

Rabu, 1 Mei 2019 - 14:22

JATIMNET.COM, Jerez – Pekan ini balapan akan memulai di Eropa. Sirkuit Jerez atau Circuito de Jerez akan menjadi pintu perdana pelaksanaan balapan yang dilangsungkan di tanah Andalusia, Spanyol itu.

Balapan di Jerez ini akan menjadi momen paling emosional bagi tiga pebalap. Valentino Rossi yang sejauh ini masih memiliki gelar terbanyak, dengan tujuh gelar, Jorge Lorenzo dengan tiga gelar, serta juara bertahan Marc Marquez.

Bagi Lorenzo, balapan di Jerez akan dijadikan pembuktian. Dia memiliki delapan podium di Jerez, tiga diantaranya kemenangan pada tahun 2010, 2011 dan 2015. Sedangkan pada tes pra musim, dia mengoleksi waktu tercepat keempat (+ 0,160 detik) November 2018 lalu.

BACA JUGA: Honda Belum Tahu Penyebab Kerusakan Motor Lorenzo

Catatan itu dia harapkan bisa menutup tiga seri yang sudah berlalu. Hasilnya, dia hanya finish di posisi ke-13 pada balapan pembuka di Losail, Qatar. Dua pekan berikutnya naik satu strip di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina dan gagal finish di Circuit of The Americas, Texas, Amerika Serikat.

Jerez adalah podium perdananya sejak menyeberang ke Ducati tahun 2017. Tentu mantan juara dunia itu tentu tidak ingin memetik hasil buruk, apalagi gagal finish di negaranya sendiri.

“Saya fokus pada balapan ini sejak awal musim. Dengan pengujian terbatas, kami tahu putaran pembukaan akan sulit,” ungkap Lorenzo dikutip dari Crash.net , Selasa 30 Mei 2019.

Sirkuit Jerez, menurut Lorenzo, sangat cocok dengan gayanya. Permukaan lintasannya memiliki banyak cengkeraman yang sangat berbeda dengan beberapa trek lainnya. Itu dia buktikan dengan rekor lap tercepat dengan catatan waktu 295,9 km per jam.

BACA JUGA: Marquez tidak Sabar Menanti Balapan di Jerez

Memiliki 13 tikungan, lima di antaranya tikungan ke kiri banyak pihak yang menganggap lintasan ini cocok dengan pebalap kelahiran 4 mei 1987 itu. X-Fuera, panggilannya berambisi memetik poin perdana bersama Honda sejak bergabung di akhir musim lalu.

“Saya yakin dapat mencapai hasil baik dengan Tim Repsol Honda setelah belajar banyak di babak pembukaan,” ucap mantan pebalap Yamaha dan Ducati itu.

Pada balapan akhir pekan ini akan menjadi titik balik baginya. Namun dia patut mewaspadai rekannya, Marc Marquez yang berniat membayar kesalahan atas kegagalan di Amerika Serikat. Begitu juga dengan ancaman Rossi yang terlihat telah kembali performanya, serta pemegang klasemen utama, Andrea Dovizioso.

Baca Juga

loading...