Ini Daftar Perempuan Terkaya Sedunia dan Asal Hartanya

Dyah Ayu Pitaloka

Sabtu, 6 April 2019 - 16:14

JATIMNET.COM, Surabaya – MacKenzie Bezos disebut sebagai perempuan terkaya ketiga sedunia setelah bercerai dengan pendiri Amazon, Jeff Bezos. Ia mendapatkan saham sebesar 4 persen di Amazon, dengan nilai sekitar USD 35,6 juta.

Tapi, siapa perempuan lain yang masuk dalam daftar terkaya sedunia? Dan bagaimana mereka mendapatkan kekayaanya?

Berikut tujuh perempuan terkaya sedunia dilansir dari Bbc, Sabtu 6 April 2019.

1.Francoise Bettencourt-Meyers

Kekayaan bersihnya mencapai USD 49,3 miliar atau setara Rp 695 triliun, dan menempatkannya sebagai orang terkaya sedunia ke 15, menurut majalah Forbes.

BACA JUGA:Bos Media Sosial Masuk Daftar Orang Terkaya Sedunia

Perempuan berkebangsaan Prancis ini, bersama keluarganya, memiliki saham sebanyak 33 persen dalam perusahaan kosmetik L’Oreal.

Meyers (65) mewarisi kekayaanya dari ibunya Liliana Bettencourt, yang meninggal di usia 94 tahun pada 2017. Keduanya sempat berpisah dan terlibat dalam persengketaan panjang di tahun 2017.

Bettencourt-Meyers mengajukan tuntutan terkait dugaan jika ibunya telah mengalami eksploitasi yang dilakukan orang terdekatnya, akibat kesehatan yang terus menurun. Namun, keduanya berdamai menjelang ibunya meninggal.

Bettencourt-Meyers juga dikenal sebagai akademisi, dan telah menulis buku tentang hubungan antara Tuhan bangsa Yunani, Yahudi dan Kristen.

2. Alice Walton

Kekayaan bersihnya mencapai USD 44.4 miliar, atau setara Rp 626 triliun, dan masuk dalam daftar ke 17 orang terkaya sedunia.

BACA JUGA: Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Sejagad

Perempuan berusia 69 tahun ini adalah anak tunggal dari Sam Walton, pendiri supermarket raksasa Amerika Serikat, Walmart.

Namun, tidak seperti dua saudara laki-lakinya, Walton telah menjauh dari perusahaan keluarganya, dan fokus pada seni, dengan menjadi kepala Museum Seni Amerika Crystal Bridges, di kota kelahirannya, Bentonville, Arkansas.

3. MacKenzie Bezos

Kekayaanya mencapai USD 35.6 miliar, atau sekitar Rp 502 triliun. Besaran ini didapat dari kepemilikan sahamnya di Amazon.

Sehingga, kekayaan totalnya bisa jadi lebih besar dari kisaran ini. Patut ditunggu, berapa jumlah kekayaan MacKenzie menurut majalah Forbes tahun 2020 nanti.

BACA JUGA: Inilah Kepala Daerah Terkaya di Jawa Timur

MacKenzie adalah perempuan berusia 48 tahun dengan empat anak yang didapat dari pernikahan dengan Jeff Bezos, di tahun 1993.

Saat itu, perempuan asal California itu adalah karyawan pertama Amazon, dan bekerja sebagai akuntan, ketika pertama kali bertemu dengan Jeff.

Dia telah menerbitkan dua buku fiksi dengan review yang cukup bagus, dan dilatih oleh Toni Morrison. Morrison menyebut Mackenzie sebagai salah satu muridnya yang pandai.

MacKenzie yang terlahir dengan nama Mackenzi Tuttle, juga mendirikan organisasi anti perisakan, Bystander Revolution, yang mendorong perilaku sederhana, seperti kebaikan, keberanian dan inklusi.

4. Jacqueline Mars

Kekayaan bersihnya mencapai USD 23.9 miliar atau sekitar Rp 335 triliun, menempatkannya dalam daftar orang terkaya sedunia di posisi ke 33.

BACA JUGA: Berikut Daftar Kekayaan Kepala Daerah di Jatim

Perempuan berusia 79 tahun ini memiliki sepertiga saham Mars, pabrik manisan terbesar di dunia, yang dibangun oleh kakeknya, Frank di tahun 1911.

Dia bekerja untuk perusahaan keluarganya selama 20 tahun, dan tetap bertahan di dewan perusahaan hingga tahun 2016.

Sekarang, dia banyak disebut sebagai seorang dermawan, di antaranya dengan menjadi dewan dalam Opera Nasional Washington dan Arsip Nasional.

Fakta lain tentang Mars adalah, bahwa perusahaan ini juga menjadi pabrik makanan hewan peliharaan terbesar di Amerika Serikat.

5. Yan Huiyan

Kekayaan bersihnya mencapai USD 22,1 miliar, atau setara Rp 311 triliun. Dia menjadi perempuan terkaya di Cina, dan masuk dalam daftar orang terkaya sedunia peringkat 44.

BACA JUGA: Kekayaan Romahurmuziy Capai Rp 11 Miliar Tahun 2010

Perempuan berusia 37 tahun ini memiliki saham mayoritas di perusahaan properti raksasa Cina Country Garden Holding, yang menjadi pemimpin dalam booming gedung besar di Cina.

Menurut website perusahaan, Country Garden menjadi developer terbesar ke tiga di seluruh dunia, tahun 2016.

Yan Huiyan lulusan Ohio State University, mewarisi sebagian besar sahamnya dari ayahnya. Ia kini memiliki 57 persen saham.

6. Susanne Klatten

Kekayaan bersihnya mencapai USD 21 miliar atau sekitar RP 296 triliun, dan masuk dalam peringkat ke 46 dunia.

BACA JUGA: 13 Kepala Daerah Jatim Terjerat Korupsi, Berikut Kekayaan Mereka

Dia mewarisi 50 persen saham dari perusahaan farmasi Altana AG, ketika orang tuanya meninggal. Dia dan saudara laki-lakinya juga memiliki hampir 50 persen saham perusahaan mobil BMW, warisan dari orang tuanya.

Sejak menerima warisan, perempuan keturunan Jerman berusia 56 tahun itu, kemudian membuat Altana menjadi perusahaan privat, serta membeli sejumlah saham di perusahaan lain, mulai dari perusahaan produsen angin hingga grafit.

7. Laurene Powell-Jobs

Kekayaan bersihnya mencapai USD 18.6 miliar atau sekitar Rp 262 triliun, dan masuk dalam urutan ke 54 orang terkaya sedunia.

Istri mendiang pendiri Apple Steve Jobs ini, mewarisi saham senilai USD 20 miliar di Apple dan Disney, ketika Jobs meninggal.

BACA JUGA: Terjerat Kasus Suap Perizinan Meikarta Ini Harta Kekayaan Bupati Bekasi

Sejak itu, perempuan berusia 55 tahun ini telah menginvestasikan uangnya di komunitas jurnalisme, di antaranya memborong saham mayoritas di The Atlantic Magazine, serta berinvestasi di publikasi non profit seperti Mother Jones dan ProPublica.

Dia juga berinvestasi di sekolah koding dan mendirikan Yayasan Emerson Collective Foundation, yang bekerja untuk reformasi imigrasi dan pendidikan.

Pada Mei 2018, Powell Jobs membelanjakan sekitar USD 16,8 juta untuk membeli tujuh kamar di sebuah gedung mewah di San Fransisco, yang menempatkan jembatan Golden Gate sebagai pemandangan utamanya.

Baca Juga

loading...