Besok, Pendaftaran SNMPTN 2019 Resmi Dibuka

Nani Mashita

Reporter

Nani Mashita

Minggu, 3 Februari 2019 - 20:40

JATIMNET.COM, Surabaya – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 resmi dibuka mulai 4 Februari – 14 Februari 2019. Sedangkan hasil seleksi bakal diumumkan pada 23 Maret 2019.

Tidak sembarang siswa bisa mendaftar di SNMPTN 2019. Hanya mereka yang memenuhi syarat pemeringkatan prestasi akademik LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), dengan ketentuan akreditasi sekolah, yang berhak mendaftar.

“Bagi siswa yang sudah memenuhi kriteria tersebut dipersilakan untuk login dengan menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password yang sama dengan password untuk verifikasi nilai pada PDSS,” ujar panitia SNMPTN di laman www.snmptn.ac.id, dikutip Minggu 3 Februari 2019.

BACA JUGA: Unair Terapkan Sistem UTBK Pada Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Setelah itu siswa diminta untuk mengisi pernyataan kesungguhan untuk mendaftar SNMPTN.  Usai mengisi pernyataan, selanjutnya diminta untuk melewati empat jenis tahapan pendaftaran yaitu memilih PTN Pilihan 1, PTN Pilihan 2, Unggah Foto dan Formulir Pendaftaran.

Dalam memilih jurusan, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Calon peserta dibolehkan memilih maksimal 3 program studi, dua perguruan tinggi dan memilih maksimum 2 prodi untuk setiap perguruan tinggi negeri.

Salah satu dari PTN yang dipilih harus di kota yang sama dengan pendaftar SNMPTN, kecuali Provinsi Sulawesi Barat dan sekolah RI di luar negeri. Urutan PTN dan program studi menentukan prioritas pilhan siswa.

BACA JUGA: Ratusan Perguruan Tinggi Swasta Belum Terakreditasi

Tahapan selanjutnya adalah mengunggah foto, mengisi form pendaftaran, mengunggah bukti prestasi jika ada, dan mengunggah portofolio jika memilih prodi seni dan/atau olahraga.

Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olah raga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang bisa diunduh di www.snmptn.ac.id.

Khusus peserta penerima beasiswa bidik misi, harus melengkapi pendaftaran di situs Bidikmisi http://www.bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id .

BACA JUGA: Unair Terima 2.160 Camaba Lewat Jalur SBMPTN

Setelah itu, saat mendaftar harus memasukkan KAP dan PIN-nya untuk selanjutnya sistem akan memverifikasi secara otomatis. Peserta yang mendaftar lewat jalur ini tidak bisa memilih prodi di Universitas Islam Negeri.

Setelah itu, calon peserta memfinalisasi pendaftaran SNMPTN. Panitia SNMPTN meminta peserta untuk mengecek ulang formulir yang sudah diisi.

Jika sudah dianggap benar semua maka tahapan terakhir yaitu mencetak kartu peserta. "Finalisasi ini diartikan pendaftaran tidak dapat diubah lagi. Tapi jika tidak difinalisasi  maka dianggap tidak mendaftar," ujar panitia.

Baca Juga

loading...