Unair Terapkan Sistem UTBK pada Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 17 Januari 2019 - 18:47

JATIMNET.COM, Surabaya - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan menerapkan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada seleksi penerimaan calon mahasiswa baru 2019.

Keputusan ini mengacu instruksi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang menetapkan pelaksanaan seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) secara digital.

"Dengan sistem itu, tes akan lebih efisien, fleksibel, dan juga transparan," kata Suko Widodo melalui telepon, Kamis 17 Januari 2019.

Sebelum memilih universitas, setiap siswa akan melewati dua tahap tes yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). "Jadi sistemnya seperti tes Toefl. Setelah memperoleh nilai, baru bisa memilih universitas dan jurusan. Pastinya, harus menyesuaikan dengan hasil yang diperoleh," tambahnya.

BACA JUGA: Kemenkes Dorong Unair Buka Prodi Kesehatan Tadisional

Suko menyampaikan setiap calon mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengikuti dua kali tes yang terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TKA).

Supaya sistem baru ini diketahui seluruh siswa SMA, Unair menggelar sosialisasi di acara Edu Fair Campus Expo di SMAN 18 Surabaya pada Kamis 17 Januari 2019. "Dengan sosialiasasi tersebut diharapkan para siswa mampu memahami sistem penerimaan mahasiswa baru dan mempersiapkannya sejak dini," kata Staf PIH Unair Anindya Anindita.

Dia juga mengatakan ada perbedaan persentase pembagian jumlah calon mahasiswa yang akan diterima. Calon mahasiswa dari jalur SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN 40 persen, dan jalur mandiri 30 persen.

Pembagian kelompok ujiannya pun terdiri atas Saintek (sains dan teknologi) serta Soshum (sosial dan humaniora). Setiap peserta diperbolehkan mengikuti tes maksimal dua kali.

Baca Juga

loading...