Bawaslu Tunggu Laporan Tiga Parpol Ungkap Ada Pengalihan Suara

Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 20 April 2019 - 22:18

JATIMNET.COM, Surabaya - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya menunggu laporan beberapa pimpinan partai politik (parpol) yang mengungkap adanya pengalihan suara.

“Ini mulai tadi pagi kami tunggu. Tapi sampai sekarang (siang) belum ada laporan ke kantor,” kata Kepala Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Surabaya Usman saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu 20 April 2019.

Saat disinggung apakah memang benar ada kecurangan, ia menyampaikan belum menerima laporan.

BACA JUGA: Jangan Ada Lagi "Cebong" dan "Kampret"

Usman juga menegaskan, kepada parpol yang merasa dirugikan karena adanya dugaan pengalihan akan ditunggu Bawaslu. “Sampai saat ini kami tunggu laporannya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Surabaya, Musyafak Rouf mengungkapkan adanya dugaan pengalihan suara dari sejumlah parpol ke PDIP. “Ini jelas merugikan partai kami dan perolehan caleg,” kata Musyafak Rouf, Ketua DPC PKB Surabaya.

Selain PKB, sejumlah parpol lainnya juga berencana melaporkan temuan ini ke Bawaslu Surabaya.

BACA JUGA: Sembilan Petugas Penyelenggara Pemilu 2019 di Jatim Meninggal

Bahkan, ia mengatakan akan mendesak Bawaslu segera menindak pelanggaran ini. “Kita akan laporkan temuan itu ke Bawaslu hari Sabtu, sambil membawa bukti. Kami juga meminta Bawaslu untuk menghentikan penghitungan surat suara dan meminta agar dilakukan hitung ulang,” katanya.

Sebelumnya, beredar berita Ketua dan sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra, sekretaris DPD PKS Surabaya, dan Ketua DPC PKB Surabaya menemukan dugaan pengalihan suara dari sejumlah parpol ke partai PDI Perjuangan. Bahkan, hal ini direncanakan akan dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya.

Baca Juga

loading...