Barty Catat Sejarah Juara Miami Terbuka 

Rochman Arief

Minggu, 31 Maret 2019 - 10:34

JATIMNET.COM, Florida – Petenis Australia, Ashleigh Barty behasil menjuarai Miami Terbuka 2019 setelah di partai puncak mengalahkan petenis Republik Ceko, Karolina Pliskova, 7-6(1) dan 6-3, di Hard Rock Stadium, Sabtu 30 Maret 2019 waktu setempat.

Gelar di Miami merupakan yang pertama Barty di turnamen Premier Mandatory. Selain itu, hasil ini memastikan posisinya masuk peringkat sembilan WTA. Itu adalah peringkat tertinggi petenis asal Australia sejak tahun 2013.

Pun begitu, Barty menjadikan petenis putri Australia pertama yang merebut gelar Miami Terbuka. Hasil terbaik yang penah diraih petenis putri Australia adalah perempat final. Capaian itu didapat Rachel McQuilan tahun 1995 dan Samantha Stosur tahun 2009 dan 2010.

“Ini adalah turnamen tenis yang luar biasa selama dua minggu terakhir,” kata Ash Barty membuka sesi press conference, seperti dikutip WTATennis.com, Sabtu 30 Maret 2019 waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

BACA JUGA: Federer Jumpa isner di Final Miami Terbuka

Barty mengakui set pertama adalah kuci kemenangan, meski harus dilewati dengan tie break. Memasuki set kedua, dia terlihat nyaman untuk membalas dua kekalahan dari mantan petenis peringkat satu dunia itu.

“Sangat penting bagi saya untuk merebut set pertama. Saya kira set pertama bisa dijadikan pijakan untuk memulai set kedua. Dan di awal set kedua sudah telihat pola pemainan,” lanjut petenis berusia 22 tahun itu.

Barty langsung banjir pujian di lini masa pasca merebut gelar di Miami. Sejumlah mantan petenis maupun petenis aktif memberi ucapan di akun twitter dengan mencolek petenis kelahiran 24 April 1996 itu.

Sebut saja mantan petenis Argentina Gabriella Sabatini, mantan petenis Amerika Serikat James Blake, legenda tenis Rod Laver dan Billie Jean King, Victoria Azarenka, Karolina Pliskova, hingga Judy Murray yang merupakan ibu petenis Inggris Andy Muray, memenuhi lini masa di akun twitter masing-masing.

BACA JUGA: Ashleigh Barty Rebut Tiket Semi Final Miami Terbuka

Pliskova sebetulnya memiliki bekal bagus melaju ke final Miami Terbuka. Dia menyisihkan mantan petenis nomor satu dunia, Simona Halep di babak semi final. Bahkan di laga final dia mengumpulkan tiga ace dan sempat memimpin 3-1.

“Sangat disayangkan, saya tidak beruntung di pertandingan ini. Pada akhirnya Barty memaksa saya banyak melakukan kesalahan,” terang Pliskova.

Pliskova sejatinya mengaku tidak dalam kondisi terbaiknya. Bahkan dia mengaku lelah bermain di final tersebut. Di satu sisi, Barty juga bermain lebih baik meski dia masih mampu menjaga performanya.

Baca Juga

loading...