JATIMNET.COM, Florida – Unggulan keempat Miami Terbuka, Roger Federer tengah membidik gelar ke-101 sepanjang karir dengan melaju ke partai puncak. Tiket ke final didapat setelah menyisihkan Kevin Anderson 6-0 dan 6-4 di babak semi final, di Hard Rock Stadium, Jumat 29 Maret waktu setempat.

Di babak final petenis veteran asal Swiss ini bakal bentrok dengan unggulan ketujuh, John Isner. Petenis tuan rumah Amerika Serikat itu melaju ke final setelah mengalahkan petenis muda asal Kanada, Felix Auger-Aliassime, 7-6(3) dan 7-6(4).

Pertemuan keduanya merupakan ulangan empat tahun silam di Paris Masters yang dimenangkan Isner melalui rubber set. Namun secara keseluruhan keduanya sudah bersua tujuh kali dengan lima kemenangan dimiliki Federer.

BACA JUGA: Karolina Pliskova Melaju ke Final Miami Terbuka

Bagi John Isner final tahun ini bagian dari kampanye mempertahankan gelar. Tahun lalu dia merebut gelar setelah mengalahkan Alexander Zverev, sekaligus menempatkannya masuk jajaran sepuluh besar.

Sebaliknya, bagi Federer final yang bakal dilangsungkan Minggu 31 Maret 2019 waktu setempat, menjadi kampanyenya. Dengan koleksi 100 gelar, Federer berupaya menyamai rekor Jimmy Connor yang memiliki 109 gelar.

Federer memandang Isner sebagai petenis yang tangguh. Hal diakui setelah merebut tiket final pasca mengalahkan Kevin Anderson.

BACA JUGA: Roger Federer Kejar Rekor Jimmy Connors

“Dia memiliki sisi permainan yang berbeda pada sisi servis. Isner bisa membuat situasi (pertandingan) tidak nyaman,” kata Federer seperti dikutip ATPtour.com, Sabtu 30 Maret 2019.

Isner mencatat hasil gemilang sepanjang turnamen Miami Terbuka. Sejak babak pertama hingga melaju ke final, dia tidak kehilangan satu set. Catatan ini yang menjadi perhatian serius bagi Federer.

Sementara itu, Isner optimistis bisa mempertahankan gelarnya di Miami Terbuka 20219. “Saya tidak terkejut bisa melaju hingga ke final dan optimistis bisa memenangi turnamen ini,” kata Isner.