Bappeko Pastikan Penataan Kawasan Wisata Religi Ampel Tahun Ini

Khoirotul Lathifiyah

Senin, 13 Mei 2019 - 14:45

JATIMNET.COM, Surabaya – Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya  memastikan penataan kawasan wisata religi Sunan Ampel dilakukan tahun 2019. Saat ini, pihaknya tengah menyelesaikan konsepnya dengan koordinasi bersama akademisi dan warga setempat.

"Nantinya Ampel akan menjadi suatu kawasan wistasa religi berskala besar. Karena Ampel ini luas, menatanya juga gak gampang. Insya Allah tahun ini bisa selesai,” kata Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi, Senin 13 Mei 2019.

BACA JUGA: Ngalap Berkah di Masjid Tertua di Surabaya

Menurutya, penataan di kawasan wisata religi Sunan Ampel sangat kompleks dam membutuhkan perencanaan yang matang. Tidak seperti di kawasan wisata kota tua Jalan Panggung, Jalan Karet, dan Jalan Kembang Jepun.

“Di kawasan ini (Ampel) itu tidak bisa hanya satu saja ya, tapi secara keseluruhan. Mulai dari parkirannya, sampai menuju ke dalam Masjid Ampelnya. Karena ini skalanya gede,” kata Eri.

BACA JUGA: Mengingat Tradisi Lek-Lekan Saat Sahur di Kawasan Ampel Surabaya

Selain itu, kata Eri, kawasan Ampel yang berada di kawasan padat penduduk tersebut penataannya akan lebih membutuhkan kerja ekstra dan disesuaikan dengan kondisi saat ini. Apalagi banyak warga sekitar yang berprofesi sebagai pedagang bahkan ada yang menggelar lapaknya di depan rumah masing-masing.

Saat ini, desain penataan kampung kawasan wisata religi  Ampel ini masih dalam tahap rencana. Sedangkan untuk desain gerbang menuju lokasi wisata, Bappeko Surabaya sudah menyiapkannya.

BACA JUGA: Sepenggal Sejarah Kawasan Ampel Surabaya

“Jadi tidak bisa main-main, harus dengan keseriusan. Kan kalau kita jalan ke Ampel aksesnya melalui perkampungan. Ada Ampel Menara, Ampel Suci, nah ini mau dijadikan apa?. Mau kita tutup (akses) kan tidak mungkin, masa perekonomian rakyat mau ditutup begitu saja,” katanya.

Sebelumnya, pengurus kawasan Wisata Religi Sunan Ampel, Wahyudin mengatakan, kepedulian Pemkot Surabaya untuk menata kawasan wisata religi Ampel masih dirasa kurang. Padahal, kawasan Ampel Surabaya menjadi obyek wisata religi favorit dan dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah.

BACA JUGA: Penataan Kawasan Ampel Lamban, DPRD Panggil Bappeko dan Disparta

“Kawasan Ampel ini potensi ekonominya luar biasa, hampir setiap hari ada 15 ribu wisatawan,” ujarnya, Minggu 12 Mei 2019.

Wahyudin mengaku pihaknya sudah dua kali mengadakan pertemuan dengan pemkot dan anggota dewan. Namun hingga saat ini belum ada konfirmasi kelanjutan perawatan kawasan wisata religi Sunan Ampel ini.

Baca Juga

loading...