JATIMNET.COM, Surabaya - Seorang perempuan Taiwan mengalami sakit yang cukup aneh. Empat ekor lebah tinggal di dalam mata dan minum air matanya.

Peristiwa aneh ini terjadi kepada seorang pasien yang diidentifikasi dari nama keluarganya, He. Perempuan 28 tahun itu akhirnya pergi ke Rumah Sakit Universitas Fooyin di Taiwan, seperti dilansir dari businessinsider.com, Rabu 10 April 2019.

He mengaku kepada dokter bahwa ia mengalami sakit di matanya. Dokter pun mengambil tindakan dan terkejut dengan apa yang ditemukannya. Ada empat lebah keringat atau yang dikenal dengan nama Halictidae.

BACA JUGA: Alami Infeksi, Pemimpin Spiritual Tibet Dirawat di Rumah Sakit

Lebah itu dikenal tertarik dengan keringat manusia dan kadang mendarat di tubuh manusia yang berkeringat. Selain itu, lebah ini juga suka menyesap air mata karena kandungan protein tinggi, menurut sebuah studi Kansas Entomological Society.

Lebah itu biasanya ditemukan di areal pekuburan dan pohon-pohon tumbang, kata Kepala Ophthalmology rumah sakit, dr Hung Chi-ting.

He mengatakan rasa sakit itu terasa usai dia berkunjung ke makam salah seorang kerabatnya. "Saya juga membersihkan dan mencabut rumput dari makam itu," kata He dalam konferensi pers.

BACA JUGA: Jelang Lengser, Kaisar Akihito Rayakan Ultah Pernikahan ke-60

Ketika embusan angin bertiup ke matanya, dia mengira itu adalah kotoran yang masuk. Dia lalu membersihkan mukanya dengan air.

Tetapi beberapa jam kemudian, matanya masih bengkak dan kesakitan, sehingga memutuskan mencari bantuan medis di rumah sakit di Taiwan selatan.

"Saya melihat sesuatu yang tampak seperti kaki serangga, jadi saya menariknya keluar dengan mikroskop perlahan, dan satu per satu tanpa merusak tubuh mereka," beber dr Hung.

BACA JUGA: Istri Najib Razak Didakwa Terima Suap Proyek Panel Surya

Serangga itu kemudian diidentifikasi sebagai lebah keringat, tidak menyerang manusia. Beruntung, He tidak menggosok matanya secara berlebihan yang bisa menyebabkan radang pada kornea bahkan menyebabkan kebutaan.

"Dia memakai lensa kontak sehingga tidak berani menggosok matanya terlalu keras. Jika dia melakukannya, dia bisa menginduksi lebah untuk menghasilkan racun dan dia bisa menjadi buta," bebernya.

Hung menambahkan keempat lebah itu masih hidup saat ini dan dikirimkan ke organisasi lain untuk dipelajari.