Valtteri Bottas Beruntung Naik Podium

Rochman Arief

Senin, 27 Mei 2019 - 07:28

JATIMNET.COM, Monte Carlo – Valtteri Bottas mendapat durian runtuh. Dia beruntung meraih podium ketiga dalam Grand Prix Monako di sirkuit Monte Carlo, Minggu 26 Mei 2019.

Pebalap Mercedes itu mendampingi rekan satu timnya, Lewis Hamilton yang merebut gelar juara dengan catatan waktu, satu jam 43 menit 28,437 detik. Sedangkan driver Ferrari, Sebastian Vettel menyusul di urutan kedua berselisih 2,602 detik.

Keberuntungan Bottas diawali dengan dua insiden. Insiden pertama pada saat dia dilewati pebalap Red Bull, Max Verstappen pada saat Safety Car keluar.

Selanjutnya berebut posisi dengan Verstappen setelah keluar dari pit untuk mengganti ban. Bottas merasa Verstappen berada di belakangnya. Namun secara mengejutkan pebalap Belanda itu sudah di sampingnya, dan mendorong mobilnya lebih ke kanan. Hal itu membuat mobilnya terjepit dan mundur ke belakang.

BACA JUGA: Sanggupkah Ferrari dan Red Bull Patahkan Laju Mercedes

Dia mengaku bersukur bisa menyelesaikana balapan di posisi keempat. Dua insiden tersebut membuat Verstappen mendapat penalti dan dinyatakan finish di posisi keempat, dan posisi ketiga diberikan kepada Bottas

“Itu balapan yang sulit,” kata Bottas, dikutip Crash.net, selepas lomba.

Pebalap Finlandia itu tidak menampik mendapat keberuntungan. Sebab saat insiden di pitlane, dia terjepit dua pebalap sekaligus. Selain dengan Verstappen, dia juga terjepit posisi Vettel yang tiba-tiba nongol dari sisi yang berbeda.

Insiden itu membuatnya berada di posisi keempat saat keluar pit. Sementara upaya untuk mendahului lawan di Monte Carlo adalah impian semua pebalap.

UNTUK LEGENDA. Lewis Hamilton mendedikasikan kemenangan GP Monako kepada legenda F1 Niki Lauda. Foto: Formula1.com

“Saya melorot ke belakang, tetapi akhirnya kalah dari Seb (Sebastian Vettel). Saya tidak beruntung, tetapi sedikit beruntung,” lanjutnya.

Disinggung keberuntungan akibat penalti Verstappen, Bottas enggan berkomentar banyak. "Itu sulit, karena tidak akan pernah ada cara mendapatkan kembali apa yang hilang,” terang Bottas.

Sementara itu, Lewis Hamilton mendedikasikan kemenangannya untuk mantan pebalap Niki Lauda yang meninggal pada 20 Mei 2019. Legenda balap mobil F1 itu telah mengabdi hampir seluruh hidupnya untuk F1 bersama Mercedes.

BACA JUGA: Hamilton Pimpin Klasemen Usai Menang Grand Prix Spanyol

“Ini balapan tersulit yang pernah saya alami. Saya bertarung dengan semangat Niki (Niki Lauda), dia sangat berpengaruh, saya tahu dia melihat ke bawah dan melepas topinya,” jelas Hamilton.

Kecemasan Hamilton cukup masuk akal. Sebab dia harus menyelesaikan 67 putaran dengan kondisi ban yang kurang tahan lama. Beberapa kali dia menyampaikan kecemasan melalui radio, bahwa dia sulit menyelesaikan balapan.

Terlebih pebalap Inggris itu harus mendapat tekanan dari Verstappen. Beruntung juara bertahan itu mampu menyelesaikan balapan.

Dengan hasil ini Hamilton memperkuat posisinya di puncak klasemen pebalap dengan 137 poin, disusul Bottas 120 poin dan Vettel 82 poin. Sementara Verstappen di urutan keempat dengan 78 poin disusul Charles Leclerc dengan 57 poin.

Baca Juga

loading...