Timnas Gelar TC Jelang Laga Lawan Jordania dan Vanuatu

David Priyasidharta

Minggu, 2 Juni 2019 - 07:29

JATIMNET.COM, Jakarta - Pelatih kepala Tim Nasional Indonesia Simon Mcmenemy memimpin kembali pemusatan latihan. Sebanyak 26 pemain bergabung untuk melakukan latihan yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, dari tanggal 30 Mei 2019 hingga 15 Juni 2019.

Kegiatan ini sebagai persiapan jelang dua laga uji coba internasional (FIFA Match Day), melawan tuan rumah Yordania 11 Juni 2019 dan menjamu Vanuatu 15 Juni 2019.

Dari sejumlah pemain yang dipanggil, beberapa diantaranya adalah muka lama yang kembali memperkuat Tim Nasional seperti Irfan Bachdim, dan Ahmad Jufriyanto.

“Tujuan latihan hari ini adalah perkenalan gaya bermain kami kepada pemain yang baru bergabung dan saya tidak khawatir para pemain baru akan menemukan kesulitan untuk beradaptasi karena sebagian besar pemain sudah saling kenal," ucap Simon dalam laman PSSI.org, Minggu 2 Juni 2019.

BACA JUGA: McMenemy Panggil 25 Pemain Timnas Indonesia untuk Pemusatan Latihan

Simon mengatakan dirinya tidak ragu dengan profesionalisme para pemain, meski hendak menuju hari raya Idul Fitri. “Tidak mudah memang, melakukan pemusatan latihan, ketika para pemain lain sedang berlibur hari raya Idul Fitri bersama keluarga sementara kami masih berlatih," katanya.

Namun ia yakin dengan profesionalisme para pemain yang dipanggil. "Tentunya pengorbanan yang mereka lakukan adalah demi Tim Nasional Indonesia,” tuturnya.

Pemusatan latihan kali ini juga dipersiapkan sebagai simulasi kualifikasi Piala Dunia Ronde 2 mendatang, dimana nantinya akan ada pertandingan home dan away.

BACA JUGA: Jelang Kualifikasi Piala Dunia, Tim Nasional Gelar Pemusatan Latihan

“Melawan Yordania kami pilih tentu dengan pertimbangan bahwa, selain untuk mempersiapkan diri melawan tim yang tangguh, tapi kami juga harus bisa melawan rasa lelah akan perjalanan yang jauh, hingga perbedaan waktu. Tentu ini semua nantinya akan kami alami ketika melakoni kualifikasi piala dunia,” jelasnya.

Dan pada akhirnya, ujian pertama bagi timnya adalah bermain melawan Vanuatu di Jakarta, nanti.

“Bermain melawan Vanuatu di Jakarta tentu akan memberikan tantangan kepada para pemain untuk lebih fokus setelah meladeni pertandingan yang berat dan jauh dari rumah,” katanya.

BACA JUGA: Sebanyak 27 Pemain Timnas Indonesia TC di Australia

Pemusatan latihan hari kedua tim nasional senior Indonesia diawali dengan sesi pemeriksaan kesehatan medical check up pemain. Pemeriksaan kesehatan meliputi pengambilan sampel darah, hingga tes fisioterapi.

Sesi latihan kemudian dilakukan pada malam harinya, dimana pemain yang kemarin malam masih berlaga bersama timnya ikut bergabung.

Stefano Lilipaly yang bermain bersama klubnya Bali United menghadapi Persija Jakarta, tidak dapat bergabung karena mendapatkan benturan di akhir laga dan harus mendapatkan perawatan intensif.

"Stefano kami fokuskan untuk recovery di klub dan tidak kami bawa ke Yordania. Kami masih menunggu diagnosa lanjutan dari dokter untuk melihat apakah dia siap dimainkan untuk melawan Vanuatu di Jakarta," ucap Simon.

Baca Juga

loading...