Tiga Alasan Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma'ruf dari Luar TKN

Ahmad Suudi

Senin, 25 Maret 2019 - 20:58

JATIMNET.COM, Surabaya - Yenny Wahid tetap total mendukung pasangan calon (paslon) presiden nomor urut 01, meski tidak masuk dalam struktur Tim Kemenangan Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Hal ini dibuktikan dengan kehadirannya, dalam kampanye Joko Widodo (Jokowi), di hari kedua masa kampanye terbuka, di Taman Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Senin 25 Maret 2019.

Kepada Jatimnet, putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, memaparkan pertimbangannya hingga memutuskan mendukung Koalisi Indonesia Kerja (KIK), dari luar TKN.

Pertama, Yenny melihat capres petahana sebagai sosok yang sederhana, namun kaya dengan karya.

BACA JUGA: Yeny Wahid Ajak Perempuan Nahdlliyin Probolinggo Pilih Capres 01

Berikutnya, dirinya menilai Jokowi sebagai orang yang punya keberanian, namun tetap bijaksana.

Wanita bernama lengkap Zannuba Arifah Chafsoh itu mengatakan, keberanian itu dibuktikan dengan mengambil alih kuasa asing, di beberapa sektor.

Selain itu, Jokowi juga pernah mengunjungi Pulau Natuna di Kepulauan Riau, menggunakan kapal perang. Hal itu, menurut Yenny, menjadi pesan kuat pada negara tetangga, agar tidak mengganggu kedaulatan RI.

"Karena sebagaimana kita tahu Pulau Natuna itu menjadi salah satu titik yang akan menjadi potensi sengketa dengan RRC. Ngapain ke pulau terpencil pakai kapal perang, jadi jelas sinyalnya kuat sekali," kata Yenny sebelum menyambut Jokowi, di Banyuwangi.

BACA JUGA: Jokowi Akui Diserang Empat Berita Bohong

Penilaian ketiga, Yenny menyebut Jokowi memiliki kesamaan dengan Gus Dur, dalam upaya menghadirkan keadilan sosial bagi rakyat.

Bedanya, bila Gus Dur berusaha memberikan basic rights atau hak dasar kepada rakyat, Jokowi berusaha memberikan basic needs atau kebutuhan dasar, saat menjabat sebagai presiden.

Basic rights yang diberikan Gus Dur, berupa hak yang setara bagi warga negara, tanpa melihat perbedaan, di antaranya, suku dan agamanya.

Sementara, basic needs dari Jokowi misalnya, memberikan akses pada kesehatan, sehingga semua rakyat, termasuk mereka yang miskin, bisa dilayani saat sakit.

BACA JUGA: Jokowi Berbagi Kisah Membangun Usaha dengan Pengusaha Muda

"Negara hadir untuk orang-orang yang menderita. Pendidikan juga sama, anak tukang becak, anak petani, bisa jadi sarjana. Jadi tiga hal ini karakter-karakter yang menarik bagi saya sehingga memilih Jokowi-Ma'ruf," kata Yenny.
 

Baca Juga

loading...