Tenggelamkan Kapal, Menteri Susi Masuk Daftar Pemikir Dunia

Dyah Ayu Pitaloka

Rabu, 23 Januari 2019 - 21:59

JATIMNET.COM, Surabaya - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti masuk ke dalam daftar 100 "Global Thinkers" atau Pemikir Global versi majalah Foreign Policy. Namanya bersanding dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina yang dikenal karena kebijakan kontroversial terhadap pengungsi Rohingya.

Dalam keterangan resmi Editor in Chief Foreign Policy, Jonathan Tepperman Rabu 23 Januari 2019 menjabarkan bahwa daftar pemikir global dikeluarkan dengan tujuan menunjukkan keberagaman gagasan dalam memahami dunia. Sehingga 100 orang yang masuk dalam daftar tidak menerima penghargaan karena kebaikan mereka, melainkan karena dianggap paling berpengaruh di dunia, entah pengaruh baik ataupun buruk.

Daftar pemikir global kali ini dibagi ke dalam 10 kelompok berbeda. Pembagian ini khusus dilakukan untuk merayakan satu dekade daftar Pemikir Global. Di antaranya terdapat kelompok berusia di bawah 40 tahun, teknologi atau energi dan iklim.

BACA JUGA: Di Situbondo, Menteri Susi Makan Ikan dengan Santri

Menteri Susi Pudjiastuti masuk dalam kelompok Pemikir Global bidang pertahanan dan keamanan. Majalah yang berbasis di New York itu mengulas gagasan menteri Susi dalam upayanya menjaga keberlanjutan stok ikan di Indonesia. Menteri kabinet Presiden Joko Widodo ini dinilai tak malu menggunakan taktik menakut-nakuti, seperti meledakkan kapal pencuri ikan yang masuk di perairan nusantara.

Foreign Policy menilai sikapnya berhasil dalam mengurangi penangkapan ikan secara ilegal sekaligus membuat hubungan diplomatik dengan Cina memanas.

Dalam kelompok itu nama menteri Susi berada tepat di bawah nama PM Bangladesh Shaikh Hasina. PM perempuan itu dianggap berani bersikap dalam isu keamanan genting di Bangladesh ketika ia menerima 700 ribu pengungsi Rohingnya. Meskipun belakangan pemerintahannya juga merepatriasi ribuan pengungsi kembali ke Myanmar.

Selain Hasina, ada pula nama tokoh berpengaruh lain seperti Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed dan Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der leyen di kelompok yang sama.

Sementara dalam daftar keseluruhan, tersebut pula sejumlah negarawan dan tokoh berpengaruh dunia. Di antaranya kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden AS ke 44 Barack Obama, Presiden Korea Utara Kim Jong Un, Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed Bin Salman, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos, dan presenter televisi Fareed Zakaria.

Baca Juga

loading...