Taman Safari Prigen Optimis Kunjungan Wisatawan Naik 19 Persen

Rochman Arief

Sabtu, 9 Februari 2019 - 14:32

JATIMNET.COM, Surabaya – General Manajer Taman Safari Prigen (TSP), Kabupaten Pasuruan, Diaz Yonadie mengaku optimis tahun ini bisa meningkatkan wisatawan 19 persen dibanding realisasi tahun lalu yang mencapai 729.000 pengunjung.

Optimisme ini tidak lepas dari upgrade (perbaikan) wahana permainan, penambahan koleksi satwa yang di antaranya bekerja sama dengan Kebun Binatang Australia, serta makin mudahnya akses melalui jalan tol.

“Faktor lain kami juga membuka kantor sales di Spazio, kawasan Surabaya Barat yang berada di kompleks perbelanjaan maupun kawasan middle-end (menengah ke atas),” kata Diaz di sela pembukaan sales office, Jumat 8 Februari 2019 kemarin.

BACA JUGA: Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Pikat Wisatawan

Dengan melakukan peningkatan layanan, TSP bisa mendapatkan wisatawan lebih besar. Perbaikan itu juga dibarengi peningkatan kualitas SDM untuk memberikan layanan kepada wisawatan.

Alumnus SMA Negeri 5 Malang itu menambahkan TSP juga berencana mendatangkan koala dan reptil dari kebun binatang Australia (Australian Zoo). Selain, juga akan menggandeng Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim apabila kesulian menampung satwa.

“Semangat kami adalah konservasi bukan park (kebun binatang). Mudah-mudahan sebelum Mei 2019 program sudah terlaksana,” urainya.

BACA JUGA: Panduan Wisata Inggris Tempatkan Indonesia Negeri Terindah Dunia

Ia tidak terlalu ragu dengan persaingan bisnis serupa. Di beberapa kota juga memiliki wahana serupa namun berbeda konsep. Ia mengatakan ada beberapa kelebihan yang dimiliki TSP.

“Binatang yang ada di tempat kami tidak di dalam kandang. Itu memberi kebebasan pengunjung menikmati satwa lebih dekat. Mereka tidak lelah karena tamu bisa naik mobil pribadi maupun mobil yang kami sediakan,” tegasnya.

Kunjungan wisatawan ke Taman Safari Prigen sepanjang tahun 2018 masih didominasi warga Surabaya dengan kontribusi 60 persen dari total 792.000. Demikian pula dengan 95 persen wisatawan didominasi pengunjung domestik.

Dalam kesempatan serupa, Taman Safari Prigen berupaya meningkatkan okupansi Baobab Resort. Sepanjang tahun 2018 tingkat hunian kamar (okupansi hotel) masih di bawah 50 persen dari total 148 room.

BACA JUGA: Ke Bromo, Jangan Lupa Mampir Agrowisata Stroberi

“Tahun ini kami berharap bisa di atas 60 persen,” tegas Director of Sales Safari Resor t, Pitut Retno Lestari.

Salah satu upayanya dengan mendorong tingkat hunian kamar penuh pada weekday. Konsep resort yang dimiliki Safari Resort meyebabkan tamu yang menginap pada akhir pekan. Pembukaan kantor sales di Surabaya menjadi bagian penting untuk meningkatkan hunian kamar pada hari keja.

“Surabaya Barat adalah salah satu icon penting untuk meningkatkan hunian kamar. Kami ingin meng-grab tamu dari Surabaya sebanyak mungkin, kebetulan di kawasan Surabaya Barat dekat dengan jalan tol yang bisa memperpendek distance (jarak),” katanya.

Baca Juga

loading...