Samsung Galaxy Note 10 Tanpa Tombol Fisik ?

Nani Mashita

Reporter

Nani Mashita

Jumat, 29 Maret 2019 - 10:04

JATIMNET.COM, Surabaya - Samsung dikabarkan bakal menghilangkan tombol fisik di ponsel flagship terbaru mereka, Samsung Galaxy Note 10. Raksasa telekomunikasi Korea Selatan itu tengah mencari perusahaan yang bisa menyediakan modul sensor tekanan seperti bantalan kapasitif.

Media Korea Selatan, ETNews mengutip sumber di internal Samsung dan menurunkan laporan tentang ketiadaan tombol di Samsung Note 10 itu. Tombol itu akan diganti dengan sensor sentuh atau gerakan, yang letaknya ada di sisi ponsel, seperti dilansir dari techradar.com, Kamis 28 Maret 2019.

Desain ini terdengar aneh, apalagi sensor gerak yang ada bisa dengan tidak sengaja tertekan saat ponsel disimpan di dalam saku. Tapi desain smartphone tanpa tombol milik Samsung bukanlah hal yang pertama kali.

BACA JUGA: Adu Cepat iPhone XR vs Galaxy Note 9

Sebuah ponsel Meizu Zero, smartphone futuristik yang terungkap pada awal 2019, juga dirancang tanpa tombol, kabel atau port headphone.

Xda-developers.com menuliskan Samsung bermaksud melakukan uji coba desain tanpa tombol ini untuk smartphone seri A. Samsung berharap mendapatkan informasi bagaimana ponsel tanpa tombol akan bekerja.

Ini bukan pertama kalinya seri A digunakan untuk menguji sesuatu, karena perusahaan telah mencoba banyak hal dengan jajaran smartphone itu. Dari deretan kamera quad di bagian belakang hingga hole-punch, seri A mendapatkan beberapa fitur pertama atau bahkan secara eksklusif.

Rumor menyebut Samsung Galaxy Note 10 akan hadir dengan layar 6,66 inci. Empat kamera belakang yaitu 12 MP lensa telephoto, 12 MP variabel aperture, lensa ultra-wide 16 MP dan 3D depth-sensor.

BACA JUGA: Samsung Bakal Rilis Galaxy A70, Simak Keunggulannya

Spekulasi juga mengatakan Samsung Galaxy Note 10 akan jadi ponsel 5G selanjutnya. Sama seperti pendahulunya, Galaxy Note 10 akan menggunakan energi Standragon 855 atau Exynos 9820.

Galaxy Note 10 ini dikabarkan memiliki pemindai sidik jari di layar dan cut-out kamera di layar. Note 10 juga hampir dipastikan memiliki layar melengkung Super AMOLED dan tahan air. Dan tentu saja, S Pen menjadi fitur yang tidak bisa ditinggalkan.

Meski begitu, perlu ditunggu apakah spekulasi ini valid atau tidak. Yang jelas, Samsung Galaxy Note biasanya diluncurkan pada bulan Agustus atau September.

Baca Juga

loading...